PEMBELAJARAN BERBASIS RISET SEBAGAI PENANAMAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 1 SD SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN YOGYAKARTA

Nia Saraswati, NIM : 16480039 (2020) PEMBELAJARAN BERBASIS RISET SEBAGAI PENANAMAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 1 SD SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BERBASIS RISET SEBAGAI PENANAMAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 1 SD SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN YOGYAKARTA)
16480039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BERBASIS RISET SEBAGAI PENANAMAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 1 SD SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN YOGYAKARTA)
16480039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pendidikan Indonesia adalah anak tidak paham dengan apa yang mereka pelajari karena materi pelajaran yang mereka pelajari hanya bersifat hafalan, komponen belajar tidak mendekati pada pada dunia nyata (realitas) serta rendahnya keterampilan berpikir kritis para pelajar Indonesia. Maka dari itu diperlukan suatu metode yang dapat diterapkan dalam pendidikan di Indonesia salah satunya adalah dengan pembelajaran berbasis riset. Salah satu sekolah yang menerapkan riset (research) sebagai metode pembelajaran adalah SD Sanggar Anak Alam (SALAM) yang berada di Nitiprayan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran riset serta keterampilan berpikir kritis yang berhasil ditanamkan pada anak kelas 1 SD. Penelitian ini mengkaji permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pembelajaran berbasis riset (2) Apa saja keterampilan berpikir kritis yang berhasil ditanamkan pada anak kelas 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, fasilitator, orang tua, dan siswa. Objeknya adalah pembelajaran berbasis riset di SD Sanggar Anak Alam (SALAM). Pada proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran berbasis riset di SD Sanggar Anak Alam ini ada 4 tahap yaitu, pertama adalah tahap perencanaan, kedua tahap pendampingan, ketiga tahap pelaksaaan, dan keempat atau tahap terakhir adalah tahap presentasi. (2) Keterampilan berpikir kritis yang berhasil ditanamkan adalah klarifikasi menginterpretasi, menganalisis, membuat inferensi, mengevaluasi, serta mengatur diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ichsan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Riset, Keterampilan Berpikir Kritis, Siswa kelas 1
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Nov 2021 11:21
Last Modified: 01 Nov 2021 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46158

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum