PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI

Nida Sefrina, NIM. 16600020 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI)
16600020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA SMP/MTs DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POKOK PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI)
16600020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD Matematika dengan Pendekatan CTL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok persegi panjang dan persegi yang memenuhi kriteria ketercapaian yaitu valid, efektif, dan praktis. Model pengembangan menggunakan model prosedural, dengan prosedur pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapan ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian kualitas LKPD, lembar soal tes, dan lembar skala respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Matematika dengan Pendekatan CTL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok persegi panjang dan persegi telah memenuhi kriteria ketercapaian yang meliputi valid, efektif, dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKPD Matematika dengan Pendekatan CTL termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase keidealan 85,33%. Efektif berdasarkan hasil posttest, LKPD Matematika dengan Pendekatan CTL dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok persegi panjang dan persegi. Hal ini dilihat dari 75% banyaknya peserta didik yang mengikuti posttest memperoleh nilai sama atau lebih besar dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 70. Praktis berdasarkan respon peserta didik terhadap LKPD diperoleh respon positif dengan presentase 68,05%. Jadi LKPD Matematika dengan Pendekatan CTL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok persegi panjang dan persegi layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Utami Zuliana, S.Si, M.Sc, Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Nov 2021 12:08
Last Modified: 01 Nov 2021 12:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum