YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI ERA DIGITAL (ANALISIS RETORIKA DAKWAH AJAKAN BERSHOLAWAT PADA VIDEO YOUTUBE WIRDA MANSUR YANG BERJUDUL "SHOLAWATIN AJA! #NGAJIBARENGWIRDA")

Indaha Zulfa Ulinnuha, NIM.: 17102010034 (2021) YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI ERA DIGITAL (ANALISIS RETORIKA DAKWAH AJAKAN BERSHOLAWAT PADA VIDEO YOUTUBE WIRDA MANSUR YANG BERJUDUL "SHOLAWATIN AJA! #NGAJIBARENGWIRDA"). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI ERA DIGITAL (ANALISIS RETORIKA DAKWAH AJAKAN BERSHOLAWAT PADA VIDEO YOUTUBE WIRDA MANSUR YANG BERJUDUL "SHOLAWATIN AJA! #NGAJIBARENGWIRDA"))
17102010034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI ERA DIGITAL (ANALISIS RETORIKA DAKWAH AJAKAN BERSHOLAWAT PADA VIDEO YOUTUBE WIRDA MANSUR YANG BERJUDUL "SHOLAWATIN AJA! #NGAJIBARENGWIRDA"))
17102010034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana gaya retorika dakwah Wirda Mansur yang meliputi gaya bahasa, gaya suara, dan gaya gerak tubuh yang digunakan dalam video dakwahnya di youtube yang berjudul “Sholawatin Aja! #NgajiBarengWirda”. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut teori yang digunakan adalah Teori Gaya Bahasa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Dan untuk teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian gaya retorika dakwah Wirda Mansur menunjukkan adanya penggunaan gaya bahasa tak resmi, gaya bahasa percakapan, gaya sederhana, gaya mulia dan bertenaga, gaya menengah, klimaks, repetisi (epizeuksis, anafora, dan mesodiplosis). Gaya suaranya terdiri dari nada dan jeda yang bervariatif. Gaya gerak tubuhnya terdiri dari sikap badan, penampilan dan pakaian, ekspresi dan gerakan tangan, dan pandangan mata. Semua retorika dakwah yang terdiri dari gaya bahasa, gaya suara, dan gaya gerak tubuh yang digunakan oleh Wirda Mansur bertujuan untuk menyadarkan, mempengaruhi, dan mengajak audiensnya agar senantiasa mengamalkan sholawat dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Anisah Indriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Youtube, Media Dakwah, Retorika Dakwah, Sholawat, Wirda Mansur
Subjects: Penyiaran Islam
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 03 Nov 2021 15:09
Last Modified: 03 Nov 2021 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum