ANMAT AL JUMAL AL ISMIYYAH WA FAWAIDUHA FI AL KITAB "JAWAHIR AL MA'ANIY" LI AL SYAIKH AHMAD JAUHARI UMAR (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH)

Muhammad Irfan Maulana, NIM.: 17101010012 (2021) ANMAT AL JUMAL AL ISMIYYAH WA FAWAIDUHA FI AL KITAB "JAWAHIR AL MA'ANIY" LI AL SYAIKH AHMAD JAUHARI UMAR (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANMAT AL JUMAL AL ISMIYYAH WA FAWAIDUHA FI AL KITAB "JAWAHIR AL MA'ANIY" LI AL SYAIKH AHMAD JAUHARI UMAR (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH))
17101010012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANMAT AL JUMAL AL ISMIYYAH WA FAWAIDUHA FI AL KITAB "JAWAHIR AL MA'ANIY" LI AL SYAIKH AHMAD JAUHARI UMAR (DIRASAH TAHLILIYYAH NAHWIYYAH))
17101010012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setiap kalimat pasti tersusun dari rangkaian kata atau disebut dengan jumlah. Dalam bahasa Arab terdapat dua jumlah, yaitu jumlah ismiyyah dan jumlah ismiyyah. Keduanya memiliki pola dan kekhususan masing-masing dengan fungsi dari penggunaannya. Penelitian ini mengkaji pola-pola dari jumlah ismiyyah beserta penggunannya yang terdapat pada kitab Jawahir Al-Ma’any. Kitab ini dikarang oleh Syekh Ahmad Jauhari Umar. Penelitian ini berjudul “Anmath al-Jumal al Ismiyyah wa Wafawaiduha fi al-Kitab "Jawahir al Ma'aniy" li al-Syekh Ahmad Jauhari Umar (Dirasah Tahliliyyah Nahwiyyah)”. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mencari pola jumlah ismiyyah dan fungsi penggunaan pola tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola yang digunakan pada jumlah ismiyyah yang ditemukan pada kitab Jawahir Al-Ma’any dan untuk mengetahui pola yang digunakan tersebut. Penelitian ini menggunakan studi analisis sintaksis dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 95 jumlah ismiyyah yang terbagi menjadi 7 jenis pola, yaitu 18 pola Mubtada’ + Khabar Mufrad Jamid, 15 pola Mubtada’ + Khabar Mufrad Musytaq, 11 pola Mubtada’ + Khabar Jumlah atau Tarkib Isnadiy, 10 pola Mubtada’ + Khabar Syibh al-Jumlah, 5 pola Khabar Syibh al-Jumlah + Mubtada’, 33 pola Adat Naskh + Kata yang asalnya mubtada’ + Kata yang asalnya khabar, dan 3 pola Adat Naskh + Kata yang asalnya khabar + Kata yang asalnya mubtada’. Selain itu penelitian ini juga menemukan fungsi dari penggunaan jumlah ismiyyah, yaitu untuk makna ketetapan (tsubut), berkelanjutan (dawam), kontinuitas (istimrar), pembaruan (tajaddud), dan penguatan (taukid). Penemuan itu terbagi menjadi 3 macam makna, yaitu 53 pola bermakna tsubut dan dawam, 33 pola bermakna tsubut, dawam, dan tajaddud, serta 9 pola bermakna taukid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hisyam Zaini, M.A.
Uncontrolled Keywords: Jawahir Al-Ma’any, Jumlah Ismiyyah, Faedah Jumlah Ismiyyah.
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Nov 2021 08:20
Last Modified: 20 Apr 2022 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum