HUBUNGAN SELF-ACCEPTANCE DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERKULIAH TIDAK PADA JURUSAN YANG DIINGINKAN DI PROGRAM STUDI PMI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA

Nailul Fauziyah, NIM.: 17102020074 (2021) HUBUNGAN SELF-ACCEPTANCE DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERKULIAH TIDAK PADA JURUSAN YANG DIINGINKAN DI PROGRAM STUDI PMI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN SELF-ACCEPTANCE DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERKULIAH TIDAK PADA JURUSAN YANG DIINGINKAN DI PROGRAM STUDI PMI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA)
17102020074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN SELF-ACCEPTANCE DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERKULIAH TIDAK PADA JURUSAN YANG DIINGINKAN DI PROGRAM STUDI PMI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA)
17102020074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa di Indonesia yang berkuliah tidak pada jurusan yang diinginkan sesuai dengan data yang peneliti dapatkan, yakni sebanyak 87% mahasiswa di Indonesia salah jurusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-acceptance dengan motivasi belajar pada mahasiswa yang berkuliah tidak pada jurusan yang diinginkan. Hipotesis awal dari penelitian adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-acceptance dengan motivasi belajar mahasiswa yang berkuliah tidak pada jurusan yang diinginkan. Semakin tinggi self-acceptance yang dimiliki mahasiswa maka semakin tinggi pula motivasi belajar mahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 46 mahasiswa yang berkuliah tidak pada jurusan yang diinginkan di Program Studi PMI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan menggunakan dua skala yaitu skala self-acceptance dan skala motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya korelasi positif yang signifikan antara self-acceptance dengan motivasi belajar mahasiswa yang berkuliah tidak pada jurusan yang diinginkan meskipun lemah dengan p=0,046. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini diterima, yakni terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-acceptance dengan motivasi belajar mahasiswa yang berkuliah tidak pada jurusan yang diinginkan meskipun lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Citra Widyastuti, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Motivasi Belajar, Self-Acceptance.
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 12:11
Last Modified: 11 Nov 2021 12:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46586

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum