PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI SISTEM DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA DITENGAH PANDEMI COVID-19

Khairunnawa Rizka Br Ginting, NIM.: 17102020031 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI SISTEM DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA DITENGAH PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI SISTEM DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA DITENGAH PANDEMI COVID-19)
17102020031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI SISTEM DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA DITENGAH PANDEMI COVID-19)
17102020031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran melalui sistem daring terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta, pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta dan pengaruh pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitiatif. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta yang saat ini sedang mengikuti proses pembelajaran melalui sistem daring. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dalam penelitian mengunakan uji Kolmogrov-Smirnov. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran melalui sistem daring tidak berpengaruh dan tidak signifikan secara parsial terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0.729 > 0.05, 2) Motivasi belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, 3) Pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar memberikan pengaruh positif dan signifkan secara simultan terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Koefisien determinasi (nilai R Square) sebesar 0.477 juga menunjukkan bahwa variasi pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar menentukan variasi kemandirian belajar sebesar 47.7%. Hal ini berarti bahwa semakin meningkat pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar maka semakin meningkatkan kemandirian belajar begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Citra Widyastuti, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Melalui Sistem Daring, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Siswa SMP, Pandemi Covid-19.
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 12:04
Last Modified: 11 Nov 2021 12:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46594

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum