STRATEGI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING MELALUI FACEBOOK BAGI UMKM DI MASA PANDEMI: STUDI KASUS WM ANGKRINGAN ALA MAMIH DI DESA BUMI MEKAR JAYA

Meidy Via Ruflyani, NIM.: 17102030080 (2021) STRATEGI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING MELALUI FACEBOOK BAGI UMKM DI MASA PANDEMI: STUDI KASUS WM ANGKRINGAN ALA MAMIH DI DESA BUMI MEKAR JAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING MELALUI FACEBOOK BAGI UMKM DI MASA PANDEMI: STUDI KASUS WM ANGKRINGAN ALA MAMIH DI DESA BUMI MEKAR JAYA)
17102030080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING MELALUI FACEBOOK BAGI UMKM DI MASA PANDEMI: STUDI KASUS WM ANGKRINGAN ALA MAMIH DI DESA BUMI MEKAR JAYA)
17102030080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masa pandemi virus Covid-19 memiliki kebijakan Social Distancing sehingga terjadinya pengurangan aktivitas masyarakat di luar rumah. Hal ini memberikan ancaman pada sektor perekonomian, salah satunya yakni para pelaku UMKM. Pelaku UMKM salah satu peran penyokong dalam perkonomian di Indonesia khususnya masyarakat golongan ke bawah dan menengah. Dampak yang dirasakan oleh para pelaku UMKM bukan hanya pada aspek proses produksi saja namun turunnya pendapatan. Sehingga perlu adanya strategi pemasaran dalam mempertahankan dan mengembangkan pendapatan pelaku UMKM dikhususkan pada UMKM WM Angkringan Ala Mamih melalui pemanfaatan digital marketing media sosial facebook, sebagai strategi yang dicapai dalam kemajuan inovasi baru dalam memulihkan pendapatan bulanan di masa pandemi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam Pengembangan UMKM WM Angkringan Ala Mamih melalui media sosial Facebook di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk menganalisis data menggunakan teori milik Neil Borden yaitu marketing mix 4P yang terdiri dari Product (produk), Price (Harga) Promotion (promosi), Place (tempat) dan juga teori Perilaku Produksi milik M. Aminul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai bukti telah melakukan penelitian di lapangan. Data yang terkumpul kemudian di validasi menggunakan teknik triangulasi, dan menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemanfaatan digital marketing mampu menjadi solusi yang tepatbagi UMKM WM Ala Mamih menggunakan Aplikasi Facebook pada saat pandemi adapun strategi yang digunakan yakni Menjaga kualitas makanan menggnakan cara “Fresh Food”, Memberikan Potongan Harga Menarik, Memposting Menu Yang Ready, Memfasilitasi Antar Jemput Produk Dengan Layanan “Free Delivery”. Adapun hasil strategi yang dirasakan oleh pelaku UMKM WM Ala Mamih yakni Konsumen merasa puas dengan adanya penerapan solusi strategi tersebut, berhasil menarik para konsumen, Menaiknya Pendapatan Perbulan, Menghemat Waktu dan Mematuhi Kebijakan Social Distancing. Strategi digital marketing melalui Facebook ini memberikan hasil kepuasan pelanggan dalam memanfaatkan digital marketing facebook sebagai akses transaksi jual beli produk makanan dari UMKM WM Ala Mamih di masa Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Aminah S.Sos.I.M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemanfaatan, Digital Marketing Facebook, UMKM.
Subjects: Media Sosial
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 14:04
Last Modified: 11 Nov 2021 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum