TINDAKAN PENGGUNA HIGH END GADGET DI YOGYAKARTA DALAM KONSEP KESADARAN ANTHONY GIDDENS

Arif Wafidhi, NIM.: 15720031 (2021) TINDAKAN PENGGUNA HIGH END GADGET DI YOGYAKARTA DALAM KONSEP KESADARAN ANTHONY GIDDENS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINDAKAN PENGGUNA HIGH END GADGET DI YOGYAKARTA DALAM KONSEP KESADARAN ANTHONY GIDDENS)
15720031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINDAKAN PENGGUNA HIGH END GADGET DI YOGYAKARTA DALAM KONSEP KESADARAN ANTHONY GIDDENS)
15720031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya teknologi menyebabkan penggunaan high end gadget dalam hal ini yaitu laptop dan PC gaming semakin masif. Perkembangannya semakin pesat seiring dengan meluasnya ekosistem Esport. Yogyakarta menjadi salah satu provinsi dengan populasi penduduk usia muda yang besar, sedangkan konsumen dari laptop dan PC Gaming kebanyakan beraada pada rentang usia 25-31 dengan presentase mencapai 26%. Dua hal ini yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terkait high end gadget dan penggunanya. Penelitian ini mnggunakan metode kualitatif dengan tahapan-tahapan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian yang dipilih peneliti adalah provinsi Yogyakarta karena memiliki banyak populasi penduduk usia muda. Penelitian ini memilih 4 narasumber dengan latar belakang berbeda-beda. Teori yang digunakan adalah konsep kesadaran Anthony Giddens dengan tiga unsur, yaitu motivasi tak sadar, kesadaran praktis dan kesadaran diskursif. Penelitian ini membahas tentang bagaimana tindakan dari para pengguna High End Gadget(Laptop dan PC gaming) dianalisis dari konsep kesadaran Anthony Giddens. Para pengguna high end gadget ini melakukan tindakannya berdasarkan kesadaran yang mereka bentuk sehari-hari. Kesadaran yang muncul dari para pengguna mentrigger tindakan yang mereka pilih terhadap laptop high end yang mereka miliki. Yaitu memilih untuk memiliki high end gadget tersebut secara pribadi atau memilih memanfaatkan fasilitas umum seperti warnet. Pilihan atas kepemilikan dan pemanfaatan laptop high end juga dipengaruhi kegiatan mereka masing-masing, yaitu sebagai mahasiswa, pemain Esport dan pekerja lepas. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tindakan pengguna high end gadget dipengaruhi oleh kesadaran yang terbentuk dalam diri mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: Demografis, Kondisi Ekonomi, Teknologi, Media Sosial
Subjects: Tehnik Informatika
Komunikasi Sosial
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Dec 2021 10:04
Last Modified: 06 Dec 2021 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum