PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI SMK MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2020/2021)

Nur Alifah Inayatullah, NIM.: 17104020039 (2021) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI SMK MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2020/2021). Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI SMK MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2020/2021))
17104020039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI SMK MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2020/2021))
17104020039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya Pandemi COVID-19 mengharuskan segala proses belajar-mengajar yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi dilakukan secara daring atau online. Media Pembelajaran merupakan suatu alat yang mendukung proses belajar-mengajar agar terciptanya suatu pembelajaran yang menarik, bervariasi dan tidak membosankan. Oleh karena hal itu, guru bahasa Arab memilih media pembelajaran yang sesuai untuk digunakan saat pembelajaran secara daring atau online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media apa saja yang digunakan serta kelebihan dan kekurangan dari media yang digunakan juga faktor pendukung maupun penghambat penggunaan media pembelajaran selama era pandemi COVID-19 di SMK Muhammadiyah Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian grand tour. Hasil dari penelitian ini yaitu media yang digunakan selama pandemi COVID-19, yakni (1) Media cetak berupa buku teks bahasa Arab, (2) Media audio berupa voice note atau recorder, (3) Media visual berupa gambar, (4) Media audio visual berupa video YouTube, serta (5) Media online berupa WhatsApp group, google classroom dan google form. Masing-masing dari media pembelajaran yang digunakan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Faktor pendukung dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah Cangkringan, yakni (1) Media yang digunakan dapat menjangkau audiens yang lebih besar, (2) Sekolah memberikan fasilitas laboratorium komputer bagi siswa yang tidak memiliki smartphone atau tidak bisa mengakses media pembelajaran yang digunakan, (3) Sekolah memberikan bantuan subsidi kuota internet untuk siswa. Sedangkan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab di era pandemi COVID-19, yakni (1) Susah Sinyal, (2) Lingkungan yang tidak mendukung, (3) Kesadaran siswa untuk belajar dan (4) Tidak memiliki kuota internet untuk mengakses media yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Bahasa Arab, Pandemi COVID-19
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 13:12
Last Modified: 25 Nov 2021 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47176

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum