IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI WHATSAPP DALAM SISTEM DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MI MIFTAKHUL FALAH KUNDISARI KEDU TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021)

Nur Hafni Oktafia ‘Afifi, NIM.: 17104020053 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI WHATSAPP DALAM SISTEM DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MI MIFTAKHUL FALAH KUNDISARI KEDU TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021). Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI WHATSAPP DALAM SISTEM DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MI MIFTAKHUL FALAH KUNDISARI KEDU TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021))
17104020053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI WHATSAPP DALAM SISTEM DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MI MIFTAKHUL FALAH KUNDISARI KEDU TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021))
17104020053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Situasi pandemi Covid-19 meniscayakan perubahan dan penyesuaian di hampir semua bidang kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan dan pengajaran. Beragam inovasi dan model pembelajaran alternatif berbasis daring dilakukan oleh lembaga pendidikan di semua jenjang. Implementasi pembelajaran daring ini dirasakan paling berat terutama pada level pendidikan dasar, terlebih untuk beberapa mata pelajaran tertentu, seperti pelajaran bahasa yang banyak memerlukan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran bahasa Arab melalui sistem daring di era pandemi Covid-19 di MI Miftakhul Falah Kundisari Kedu Temanggung tahun ajaran 2020/2021. Fokus dari penelitian ini antara lain untuk mengeksplorasi bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab khususnya melalui sistem daring tersebut serta bagaimana dampaknya terhadap prestasi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (case study) dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran bahasa Arab melelui sistem daring di MI Miftakhul Falah Kundisari Kedu Temanggung menggunakan WhatsApp group sebagai media pembelajaran, implementasi pembelajaran bahasa Arab melalui sistem daring dilaksanakan dengan menayamakan tujuan umum pembelajaran bahasa Arab di MI Miftakhul Falah Kundisari yaitu agar siswa menguasai empat maharah bahasa Arab (2) dampak pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab melalui sistem daring terhadap prestasi hasil belajar siswa MI Miftakhul Falah Kundisari Kedu dapat diketahui berdasarkan hasil belajar bahasa Arab siswa MI Miftakhul Falah Kundisari yang meliputi hasil nilai ulangan harian, nilai PTS, dan nilai PAS, yaitu dengan nilai rata-rata siswa 85. Dari hasil dokumentasi tersebut dapat diketahui bahwa nilai bahasa Arab siswa MI Miftakhul Falah Kundisari Kedu Temanggung telah melebihi nilai KKM, yaitu 70. Sehingga pembelajaran bahasa Arab sistem daring berjalan dengan baik dan berdampak positif terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Sistem Daring, Prestasi Siswa
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 13:16
Last Modified: 25 Nov 2021 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum