EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT) PADA MASA PANDEMI DI MTsN 1 GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Alivia Fatimatuzzahroh, NIM.: 17104020071 (2021) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT) PADA MASA PANDEMI DI MTsN 1 GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT) PADA MASA PANDEMI DI MTsN 1 GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2020/2021)
17104020071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT) PADA MASA PANDEMI DI MTsN 1 GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2020/2021)
17104020071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi pembelajaran mempunyai kedudukan penting dalam program pembelajaran. Dalam pelaksanannya, evaluasi dapat berlangsung di tengah proses kegiatan pembelajaran atau bahkan selama proses pembelajaran. Evaluasi sangat berguna untuk perbaikan dalam melakukan kegiatan pembelajaran atau aktifitas yang dilakukan, baik yang sudah maupun yang sedang berlangsung serta untuk pengembangan program pengajaran berikutnya di masa yang akan datang. Pada saat pandemi Covid 19 sekarang ini, guru dalam proses pembelajaran daring mengalami kesulitan. Siswa harus belajar dari rumah yang pada akhirnya merasakan kesulitan terutama mata pelajaran bahasa Arab, sehingga banyak siswa yang memiliki nilai di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis evaluasi konteks, input, proses, dan produks pada pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 1 Gunungkidul. Metode penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan, yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi. Tempat penelitian di MTsN 1 Gunungkidul. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Evaluasi konteks program pembelajaran bahasa Arab di MTsN 1 Gunungkidul sejalan dengan visi dan misi madrasah. Guru sudah memiliki kualifikasi akademik yang sesuai dan sebagian siswa belum bisa dikatakan memiliki kemampuan dasar bahasa Arab. Evaluasi masukan program pembelajaran bahasa Arab di MTsN 1 Gunungkidul pada Sumber daya bahan meliputi kurikulum ada tetapi tidak lengkap, dan bahan ajar hanya bersumber pada buku teks pelajaran. Sumber daya alat dan media tersedia secara konvesional, sementara untuk multimedia belum tersedia. Evaluasi proses program pembelajaran daring bahasa Arab di MTsN 1 Gunungkidul, guru sudah memiliki RPP sesuai dengan standar proses, alat dan media ada, tetapi belum dioptimalkan penggunaanya. Evaluasi hasil (product) program pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 1 Gunungkidul, hasil prestasi akademik siswa pada pembelajaran Bahasa Arab perolehan rata-rata nilai tertinggi yaitu 80. Perolehan nilai tertinggi berada di atas nilai KKM 71. Hal ini berarti bahwa pembelajaran Bahasa Arab dinyatakan telah tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Abdul Munip, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran Bahasa Arab, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 13:38
Last Modified: 25 Nov 2021 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum