PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 SLEMAN

Yunny Tri Hanifah, NIM.: 17104080037 (2021) PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 SLEMAN)
17104080037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 SLEMAN)
17104080037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena munculnya virus covid-19 sehingga pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik dialihkan ke rumah masing-masing. Akibatnya peserta didik tidak dapat berinteraksi dengan teman-teman mereka secara langsung, timbulnya rasa bosan dan stress pada peserta didik. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan peran orang tua dalam aktivitas mereka, karena orang tua memiliki waktu yang lebih banyak bersama dengan peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh peran orang tua terhadap perkembangan sosial emosional peserta didik kelas V masa pandemi covid-19 di MIN 2 Sleman. (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh peran orang tua terhadap perkembangan sosial emosional peserta didik kelas V masa pandemi covid-19 di MIN 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIN 2 Sleman yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas V A, V B, dan V C. Sampel yang digunakan adalah kelas V MIN 2 Sleman sebanyak 57 peserta didik. Instrumen peneltian berupa kuesioner yang dibagikan kepada pesera didik dan orang tua melalui link google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua berpengaruh positif tehadap perkembangan sosial emosional peserta didik. Koefisien korelasi antara X dan Y sebesar 0,428 menunjukkan bahwa nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Perkembangan Sosial Emosional, Peserta Didik, Pandemi Covid-19.
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:41
Last Modified: 25 Nov 2021 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum