PENGARUH SIKAP DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 AMBAL

Laeni Khasanah, NIM. 16600015 (2021) PENGARUH SIKAP DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 AMBAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SIKAP DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 AMBAL)
16600015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SIKAP DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 AMBAL)
16600015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh positif sikap pada matematika terhadap hasil belajar matematika; (2) Mengetahui pengaruh negatif kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika; (3) Mengetahui pengaruh sikap pada matematika dan kecemasan matematika secara bersamasama terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ambal, Kebumen, Jawa tengah, pada tahun pelajaran 2020/2021 dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, dimana banyaknya sampel adalah 70 responden yang diambil dari populasi berjumlah 185 siswa. Instrumen yang digunakan berupa skor Penilaian Tengah Semester 1 (PTS 1) untuk hasil belajar serta berupa skala untuk sikap pada matematika dan kecemasan matematika, dimana skala masing-masing variabel sudah divalidasi secara empirik. Pengujian hipotesis dengan uji F dan uji t dilakukan setelah data memenuhi uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap pada matematika terhadap hasil belajar matematika; (2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika; (3) Terdapat pengaruh sikap pada matematika dan kecemasan matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap pada Matematika, Kecemasan Matematika, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:05
Last Modified: 25 Nov 2021 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum