PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19

Ayu Anita Nurul Ihsani, NIM.: 17104080059 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19)
17104080059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19)
17104080059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada jenjang SD proses belajar yang dilakukan secara daring di rumah menjadi suatu tantangan tersendiri bagi guru dan terlebih pada orang tua. Karena, proses belajar yang dilakukan di rumah secara daring ini peran guru digantikan oleh orang tua. Orang tua sudah sepantasnya berperan dalam proses membimbing anak belajar daring di rumah. Ketika membimbingpun terdapat hambatan-hambatan yang dialami oleh orang tua. Penelitan ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan peran orang tua dalam membimbing anak belajar daring pada pembelajaran tematik kelas 3 SD Negeri Glagahombo 2 di masa pandemi covid-19. 2) mendeskripsikan hambatan yang dialami orang tua dari siswa kelas 3 SD Negeri Glagahombo 2 dalam membimbing anak belajar daring di masa pandemi covid-19, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian ini ialah metode penelitain yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, di mana peneliti merupakan instrument kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membimbing anak belajar daring pada pembelajaran tematik kelas 3 SD Negeri Glagahombo 2 di masa pandemi covid-19 ini ialah dapat berperan sebagai (1) pendidik, (2) pembimbing, (3) motivator, dan (4) fasilitator. Hambatan yang dialami orang tua dari siswa kelas 3 SD Negeri Glagahombo 2 dalam membimbing anak belajar daring di masa pandemi covid-19 disebabkan oleh beberapa factor yaitu (1) latar belakang pendidikan orang tua, (2) tingkat ekonomi orang tua, (3) jenis pekerjaan orang tua, (4) jumlah anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: E-Learning; Pendidikan Karakter; Model Pembelajaran
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 14:47
Last Modified: 07 Dec 2021 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum