EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MODEL ONLINE PROJECT BASED LEARNING PADA TEMA AIR SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF TERHADAP REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH

Eva Kurniati, NIM.: 17104080060 (2021) EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MODEL ONLINE PROJECT BASED LEARNING PADA TEMA AIR SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF TERHADAP REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MODEL ONLINE PROJECT BASED LEARNING PADA TEMA AIR SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF TERHADAP REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH)
17104080060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MODEL ONLINE PROJECT BASED LEARNING PADA TEMA AIR SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF TERHADAP REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH)
17104080060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA secara daring siswa kurang mampu untuk mengontrol dan mengatur dirinya untuk tetap belajar. Diperlukan metode pembelajaran IPA secara daring yang tepat, sehingga siswa mampu meregulasi diri dalam belajar dengan mengontrol dan mengatur dirinya dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan efektif atau tidak dan seberapa besar efektifnya pemberian tugas terstruktur dalam model online project based learning pada tema air sebagai sumber energi alternatif terhadap regulasi diri dalam belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan adalam quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bego Kelas IV dengan jumlah 65 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu clauster random sampling dengan memberikan peluang yang sama pada setiap anggota populasi untuk menjadi sampel. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan undian sederhana untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka diperoleh kelas IV C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket regulasi diri dalam belajar dan observasi keterlaksanaan pembelajaran yang sebelumnya telah divalidasi oleh beberapa ahli. Data yang telah terkumpul di uji menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Karena data yang diperoleh terdistribusi normal dan homogen maka menggunakan uji hipotesis dengan uji independent Sample T Test, selanjutnya melakukan uji efektivitas dengan melakukan uji N-gain dan menghitung persentase kenaikan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemberian tugas terstruktur dalam model online project based learning pada tema air sebagai sumber energi alternatif efektif terhadap regulasi diri dalam belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent Samplel T Test dengan hasil signifikansi 0,021 < 0,05. H0 ditolak dan Ha diterima, artinya pemberian tugas terstruktur dalam model online project based learning pada tema air sebagai sumber energi alternatif efektif terhadap regulasi diri dalam belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Hasil N-gain menunjukkan nilai kelas eksperimen 0,070 lebih besar daripada kelas kontrol -0,088 maka diperoleh efektivitas pesentase kenaikan sebesar 2,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Anita Ekantini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Education; Learning; Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 14:48
Last Modified: 07 Dec 2021 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum