PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 2 “MANUSIA DAN LINGKUNGAN”

Erna, NIM.: 17104080066 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 2 “MANUSIA DAN LINGKUNGAN”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 2 “MANUSIA DAN LINGKUNGAN”)
17104080066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 2 “MANUSIA DAN LINGKUNGAN”)
17104080066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk Kelas V Tema 1 Subtema 2 “Manusia dan Lingkungan” dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, teman sejawat, guru kelas V dan respon peserta didik. Penelitian merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Dissemination (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala pengukuran Likert guna mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, teman sejawat, dan guru kelas V, sedangkan respon peserta didik menggunakan skala pengukuran Guttman dalam bentuk checklist. Uji coba dilakukan kepada 15 peserta didik kelas V. Data yang didapatkan merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Penilaian dari para ahli dijumlahkan kemudian dipresentase merujuk pada presentase keidealan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk Kelas V Tema 1 Subtema 2 “Manusia dan Lingkungan” berdasarkan hasil penilaian dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru kelas V, dan teman sejawat presentase skor 92,6% sehingga produk dinyatakan dengan kategori media “SB” (sangat baik). Sedangkan respon peserta didik mengenai media pembelajaran menunjukkan presentase skor 98% dengan kategori “Positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “Media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk Kelas V Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan” yang dikembangkan telah memenuhi stand

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Moh. Agung Rokhimawan, S.Pd. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik; Interaktif; Perangkat Lunak
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 14:49
Last Modified: 07 Dec 2021 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum