IMPLEMENTASI KEGIATAN SALAT DHUHA MELALUI METODE PEMBIASAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL QODIR CANGKRINGAN, SLEMAN

Hafifah Isnaeni, NIM.: 17104080072 (2021) IMPLEMENTASI KEGIATAN SALAT DHUHA MELALUI METODE PEMBIASAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL QODIR CANGKRINGAN, SLEMAN. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN ṢALAT ḌHUHA MELALUI METODE PEMBIASAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL QODIR CANGKRINGAN, SLEMAN)
17104080072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN ṢALAT ḌHUHA MELALUI METODE PEMBIASAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL QODIR CANGKRINGAN, SLEMAN)
17104080072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dapat kita ketahui bahwa pendidikan karakter merupakan pondasi dasar yang harus ditekankan kepada anak bangsa. Pada kenyataannya pendidikan di Indonesia masih mengedepankan pengetahuan saja, sehingga pendidikan karakter dianggap sesuatu yang tidak terlalu penting sehingga tidak terlalu diperhatikan. Sebagai upaya peningkatan pendidikan karakter sebuah pembiasaan dirasa dapat membetuk kepribadian anak bangsa menjadi lebih baik. Dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Ṣalat Ḍhuha untuk membangun karakter disiplin dan religius di Pondok Pesantren Salafiyah Al Qodir dan faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan Ṣalat Ḍhuha di Pondok Pesantren Salafiyah Al Qodir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Salafiyah Al Qodir, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, dengan sample penelitian adalah siswa Sekolah Dasar yang bermukim di pondok tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan Ṣalat Ḍhuha dapat membentuk karakter religius dan kedisiplinan siswa yang mukim di Pondok Pesantren Salafiyah Al Qodir. Hal ini dapat dibuktikan setelah dilaksanakannya observasi langsung dan juga wawancara kepada subjek yang ada. Selain itu terdapat pula faktor pendukung adanya pembiasaan ini, antara lain muroja’ah, piket, sedekah, dan menabung. Adapula faktor penghambat pelaksanaan pembiasaan ini, antara lain kurangnya kesadaran siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembiasaan tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembiasaan, dan Ṣalat Ḍhuha
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:54
Last Modified: 26 Nov 2021 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47259

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum