PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS N 8 MAJALENGKA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Mutiara Hikmah, NIM.: 17104090024 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS N 8 MAJALENGKA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS N 8 MAJALENGKA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17104090024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS N 8 MAJALENGKA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17104090024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pengaruh positif yang diberikan kepala madrasah terhadap para guru dalam kinerjanya di masa pandemi covid-19. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat hubungan dan besar pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs N 8 Majalengka pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif yang dilaksanakan di MTs N 8 Majalengka dengan populasi seluruh guru di MTs N 8 Majalengka yang berjumlah 35 orang. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik non-probobality sampling dengan metode sampling total/sensus karena jumlah populasi kurang dari 100. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen kepemimpinan kepala madrasah dan variabel dependen kinerja guru. Data diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada para guru MTs N 8 Majalengka dan studi dokumentasi untuk memperoleh data identitas sekolah. Sementara itu, data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mengetahui karakteristik sampel, distribusi frekuensi data, dan crosstabs. Sedangkan statistik inferensial untuk mengetahui adanya pengaruh dan hubungan antara variable x dan variable y. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif pada kategori kuat/tinggi antara variabel kepemimpinan kepala madrasah dengan variabel kinerja guru. Nilai koefisien korelasi (r) yang diperoleh yaitu 0,756 dan nilai signifikansi 0,000 < α = 0,05 yang menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Sementara itu, hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi (R²) 0,571 yang menunjukkan bahwa variabel kinerja guru (Y) mampu diterangkan oleh variabel kepemimpinan kepala madrasah (X) sebesar 57,1%. Selanjutnya diperoleh persamaan regresi Y = 24,724 + 0,494.X dan nilai signifikansi 0,000 < α = 0,05. Selain itu diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sibawaihi, S.Ag., M.Si., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Pandemi Covid-19
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan Dalam Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:12
Last Modified: 26 Nov 2021 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum