IMPLEMENTASI METODE MIM MEM (MIMICRY MEMORIZATION) DAN IMLA’ PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MDTA AN-NUUR PAWIDEAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DIAH SAFITRI AMALIAH JOHAR, NIM. 17104020014 (2021) IMPLEMENTASI METODE MIM MEM (MIMICRY MEMORIZATION) DAN IMLA’ PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MDTA AN-NUUR PAWIDEAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE MIM MEM (MIMICRY MEMORIZATION) DAN IMLA’ PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MDTA AN-NUUR PAWIDEAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021)
17104020014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE MIM MEM (MIMICRY MEMORIZATION) DAN IMLA’ PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MDTA AN-NUUR PAWIDEAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021)
17104020014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode Mimicry Memorization dan Imla‟ pada pembelajaran bahasa Arab di MDTA An-Nuur Pawidean. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi bagi para penyelenggara pendidikan khususnya bagi guru bahasa Arab dalam memilih suatu metode pembelajaran yang baik dan tepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi berupa pengambilan data dari suatu subjek penelitian yakni peserta didik, guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Mimicry Memorization dan Imla‟ di MDTA An-Nuur Pawidean berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh madrasah tersebut. Setiap wali kelas bertanggung jawab terhadap semua mata pelajaran termasuk bahasa Arab. Pelaksanaan metode Mimicry Memorization menggunakan teknik yang berbeda disetiap kelas. Sedangkan metode Imla‟ menggunakan teknik pelaksanaan yang sama yaitu mendiktekan atau melakukan pengulangan lafadz kata sesuai dengan lafadz kata yang dibacakan sebelumnya, kemudian peserta didik menuliskan kata atau kalimat yang dilafadzkan dan didengar tersebut. Peserta didik antusias mengikuti pembelajaran bahasa Arab, hal ini ditunjukkan ketika peserta didik diminta untuk menirukan guru saat membaca teks bahasa Arab, menghafalkan mufradat, menyimak maupun menulis materi Imla‟ dan menerjemahkan teks berbahasa Arab. Walaupun dalam pelaksanaan kedua metode tersebut masih terdapat beberapa faktor yang belum dapat menunjang kebutuhan pembelajaran bahasa Arab di MDTA An-Nuur Pawidean.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Pembelajaran, Metode Mimicry Memorization, Metode Imla‟, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:03
Last Modified: 26 Nov 2021 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum