KUALITAS BUTIR SOAL BUKU BAHASA ARAB PEGANGAN SISWA KELAS Ⅶ KURIKULUM 2019

Lutfi Hariroh, NIM.: 17104020015 (2021) KUALITAS BUTIR SOAL BUKU BAHASA ARAB PEGANGAN SISWA KELAS Ⅶ KURIKULUM 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KUALITAS BUTIR SOAL BUKU BAHASA ARAB PEGANGAN SISWA KELAS Ⅶ KURIKULUM 2019)
17104020015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KUALITAS BUTIR SOAL BUKU BAHASA ARAB PEGANGAN SISWA KELAS Ⅶ KURIKULUM 2019)
17104020015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif tentang Kualitas Butir Soal Buku Bahasa Arab Pegangan Siswa Kelas Ⅶ Kurikulum 2019 ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Peneliti tertarik mengkaji pembahasan ini karena masih banyaknya soal-soal Bahasa Arab yang tidak sesuai dengan standar soal yang baik sehingga kurang maksimal dalam mencapai tujuan soal-soal latihan tersebut dibuat. Adapun tujuan utama dibuatnya soal latihan adalah sebagai alat ukur atau evaluasi pada buku ajar guna membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan pada suatu sekolah. Buku yang diteliti adalah Buku Bahasa Arab MTs kelas Ⅶ KMA 183 Tahun 2019 yang diterbitkan oleh Kemenag. Peneliti menganalisis butir soal pada soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Ⅰ yang berjumlah 40 butir soal, ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal, terhadap 60 responden yaitu siswa kelas Ⅶ MTs Ma’arif NU 02 Bruno. Hasil penelitian menunjukkan kualitas butir soal sudah baik dengan rincian: validitas butir soal 28 soal (70%) dinyatakan VALID, sedangkan 12 soal (30%) lainnya dinyatakan TIDAK VALID. Untuk Reliabilitasnya diperoleh nilai 0,820 yang memiliki arti bahwa soal-soal tersebut memiliki tingkat kereliabilitasan yang SANGAT TINGGI/RELIABEL. Sedangkan untuk Tingkat Kesukaran butir soal: 12 soal (30%) tergolong SUKAR, 27 soal (67,5%) tergolong SEDANG, dan 1 soal (2,5%) tergolong MUDAH. Daya Beda setiap butir soal diketahui 18 soal (45%) dikategorikan BAIK, 7 soal (17,5%) dapat DITERIMA DAN DIPERBAIKI, 8 soal (20%) perlu DIPERBAIKI, dan 7 soal (17,5%) DITOLAK. Berdasarkan hasil analisis dengan aspek berbasis butir (Validitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Beda) menunjukkan bahwa butir soal yang berkualitas baik berjumlah 17 butir soal (42,5%), butir soal yang berkualitas cukup berjumlah 11 butir soal (27,5%), dan butir soal yang kualitasnya tidak baik berjumlah 12 butir soal (30%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: analisis, butir soal, buku Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:07
Last Modified: 26 Nov 2021 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum