PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB BERBASIS ADOBE ANIMATE PADA PRAKTIKUM UJI KARBOHIDRAT DAN PROTEIN

Fadhilah Fathul Jannah, NIM. 17106070029 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB BERBASIS ADOBE ANIMATE PADA PRAKTIKUM UJI KARBOHIDRAT DAN PROTEIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB BERBASIS ADOBE ANIMATE PADA PRAKTIKUM UJI KARBOHIDRAT DAN PROTEIN)
17106070029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB BERBASIS ADOBE ANIMATE PADA PRAKTIKUM UJI KARBOHIDRAT DAN PROTEIN)
17106070029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pandemi Covid 19 menuntut pendidik untuk mencari terobosan baru dan berinovasi dalam pembelajaran jarak jauh. Salah satunya dengan menggunakan media berbasis teknologi. Di kurikulum SMA/MA terdapat mata pelajaran yakni kimia dimana tidak dapat terpisahkan dengan praktikum. Namun dengan adanya pandemi covid 19 dan kendala-kendala lain praktikum tidak dapat dilakukan. Media Virtual Lab dapat dijadikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Virtual lab dapat dijadikan alternatif praktikum secara virtual dan dapat memaksimalkan pembelajaran pada materi Karbohidrat dan Protein. Media pembelajaran Virtual lab ini di rangcang menggunakan adobe animate CC yang dapat membuat media lebih menarik dan produk akhir dapat diakses menggunakan komputer ataupun smarthphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Vitual Lab berbasis adobe animate pada praktikum uji karbohidrat dan protein dan untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia SMA/MA serta respon peserta didik. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model borg and gall yang terdiri dari sepuluh tahap namun dibatasi hanya sampai tahap kelima yakni revisi hasil uji coba. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, diberikan saran dan masukan oleh tiga peer reviewer kemudian divalidasi dan diberikan saran oleh satu ahli materi, satu ahli media untuk kemudian dinilai oleh tiga pendidik kimia SMA/MA. Produk ini juga direspon oleh sepuluh peserta didik kelas XII MIPA. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pengisian lembar angket. Lembar angket skala Likert digunakan untuk penilaian kualitas produk sedangkan lembar angket skala guttman digunakan untuk respon peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal, S.Si,. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Virtual Lab, Karbohidrat Protein
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Nov 2021 14:17
Last Modified: 29 Nov 2021 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47304

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum