IMPLEMENTASI KEGIATAN KOLASE DENGAN BERBAGAI MEDIA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK A TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Rokhayati, NIM.: 15430028 (2020) IMPLEMENTASI KEGIATAN KOLASE DENGAN BERBAGAI MEDIA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK A TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN KOLASE DENGAN BERBAGAI MEDIA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK A TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
15430028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEGIATAN KOLASE DENGAN BERBAGAI MEDIA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK A TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
15430028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara mengembangkan motorik halus anak menggunakan kegiatan kolase dengan berbagai media untuk membantu proses pengembangan motorik halus agar tercapai secara maksimal. Dengan kegiatan kolase akan merangsang syaraf dan otot-otot kecil pada tangan anak serta melatih koordinasi mata. Kolase dengan berbagai media juga sangat menarik bagi anak, karena mempunyai banyak variasi media untuk pembelajaran dan juga mudah disesuaikan dengan sub tema pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana mengembangkan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan berbagai media pada kelas A1 usia 4-5 tahun TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak-anak kelas A1 usia 4-5 tahun TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan memberikan makna pada data yang telah dikumpulkan dan kemudian penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data yang digunakan adalah tehnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kegiatan kolase menggunakan berbagai media sangat membantu anak dalam mengembangkan motorik halusnnya 2) Hasil implementasi kegiatan kolase dengan berbagai media sangatlah memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan motorik halus, penilaian hasil perekembangan anak dapat dilihat dari hasil karya, observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung dan penilaian harian 3) Implementasi kegiatan kolase dengan berbagai media juga memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Faktor pendukung yaitu (a) Adanya acuan berupa kurikulum sebagai pedoman dalam pembelajaran, (b) Guru yang telah melakukan pelatihan atau training dan studi tentang motorik halus anak, (c) bahan kolase berbagai media yang telah disediakan oleh sekolah. Sedangkan faktor pengambatnya yaitu (a) Kondisi dan keadaan anak yang tidak stabil sangat mempengaruhi dalam kegiatan belajar, (b) Terdapat satu anak yang memerlukan perhatian khusus sehingga setiap pembelajaran harus didampingi, (c) Jumlah anak yang terlalu banyak membuat suasana kelas tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bahan kolase; motorik halus; media
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Nov 2021 09:12
Last Modified: 30 Nov 2021 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47327

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum