IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 DI TK ABA TEGAL GENDU

Nur Islami, NIM 17104030046 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 DI TK ABA TEGAL GENDU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 DI TK ABA TEGAL GENDU)
17104030046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 DI TK ABA TEGAL GENDU)
17104030046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Wabah pandemi Covid-19 telah merubah tatanan masyarakat, tidak hanya itu dalam dunia pendidikan wabah pandemi Covid-19 merubah sistem pembelajaran. Dari sistem pembelajaran tatap muka beralih pada sistem pembelajaran online, terdapat problematika dalam pembelajaran online salah satunya adalah meningkatnya tugas anak yang tidak dibarengi dengan rasa tanggung jawab. Sehingga tugas yang seharusnya dikerjakan anak secara mandiri, malah dikerjakan oleh orang tua. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran online untuk meningkatkan tanggung jawab anak usia dini masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data kelompok B TK ABA Tegal Gendu, Wali kelas TK B, dan Orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui 4 proses yaitu proses pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Agar data yang dihasilkan benar dan valid maka peneliti melakukan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran online meliputi tahapan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. (2) faktor pendukung implementasi pembelajaran online yaitu komunikasi dan kerjasama guru dan orang tua, minat belajar anak, lingkungan belajar dan sarana prasarana. Faktor penghambat implementasi pembelajaran online yaitu kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua, faktor ekonomi, dan kesibukan orang tua. (3) Setelah dilakukan upaya oleh guru untuk meningkatkan tanggung jawab anak didik di TK ABA Tegal Gendu maka hasil dari upaya tersebut tercapai dengan anak didik sudah bertanggung jawab mengerjakan tugas sekolah sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, masa pandemi covid, pembelajaran online. Tanggung jawab
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Nov 2021 10:04
Last Modified: 30 Nov 2021 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47354

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum