Fadlur Rahman, NIM.: 19107010143 (2025) HUBUNGAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN MATERIALISM DENGAN BANDWAGON CONSUMPTION BEHAVIOR PADA REMAJA PENGGUNA AKTIF MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (HUBUNGAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN MATERIALISM DENGAN BANDWAGON CONSUMPTION BEHAVIOR PADA REMAJA PENGGUNA AKTIF MEDIA SOSIAL)
19107010143_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (HUBUNGAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN MATERIALISM DENGAN BANDWAGON CONSUMPTION BEHAVIOR PADA REMAJA PENGGUNA AKTIF MEDIA SOSIAL)
19107010143_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Bandwagon consumption behavior membuat seseorang cenderung berlebihan dalam memenuhi kebutuhan sosioemosional, mengesampingkan nilai-nilai pribadinya, dan bias dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan fear of missing out (FoMO) dan materialism dengan bandwagon consumption behavior pada remaja pengguna aktif media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif korelasional dengan menggunakan tiga alat ukur, yakni skala bandwagon consumption behavior, skala fear of missing out, dan materialism value scale. Pengumpulan data dilakukan di D.I. Yogyakarta dengan subjek penelitian 144 remaja pengguna aktif media sosial yang diperoleh melalui teknik convenience sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan fear of missing out dan materialism secara bersama maupun terpisah terhadap bandwagon consumption behavior pada remaja pengguna aktif media sosial. Temuan penelitian ini memaparkan bahwa fear of missing out dan materialism secara bersama menyumbangkan pengaruh sebesar 45,8% terhadap bandwagon consumption behavior, dengan rincian sumbangan fear of missing out sebesar 38% dan sumbangan materialism sebesar 7,8% terhadap bandwagon consumption behavior. Penelitian ini juga menambahkan survei terkait barang yang cenderung dikonsumsi melalui bandwagon consumption behavior, tiga barang tertinggi yakni: barang fashion, makanan & minuman, serta perawatan diri.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Ratna Mustika Handayani, S.Psi., M.A., Psi. |
| Uncontrolled Keywords: | bandwagon consumption behavior; fear of missing out (FoMO); materialism; remaja. |
| Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 155.5 Psikologi Remaja 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.231 Media Komunikasi, Media Massa, Media Sosial |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya edt |
| Date Deposited: | 07 Dec 2021 15:06 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 15:55 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47376 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
