HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENONTON VIDEO DAKWAH MELALUI AKUN YOUTUBE MJS CHANNEL TERHADAP SIKAP RELIGIUSITAS ANGGOTA GRUP WHATSAPP MASJID JENDERAL SUDIRMAN

Yovie Febriansyah, NIM : 17102010067 (2021) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENONTON VIDEO DAKWAH MELALUI AKUN YOUTUBE MJS CHANNEL TERHADAP SIKAP RELIGIUSITAS ANGGOTA GRUP WHATSAPP MASJID JENDERAL SUDIRMAN. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENONTON VIDEO DAKWAH MELALUI AKUN YOUTUBE MJS CHANNEL TERHADAP SIKAP RELIGIUSITAS ANGGOTA GRUP WHATSAPP MASJID JENDERAL SUDIRMAN)
17102010067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENONTON VIDEO DAKWAH MELALUI AKUN YOUTUBE MJS CHANNEL TERHADAP SIKAP RELIGIUSITAS ANGGOTA GRUP WHATSAPP MASJID JENDERAL SUDIRMAN)
17102010067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial merupakan sarana yang digunakan pengguna untuk melakukan hubungan sosial tersebut, seperti terbentuknya nilai-nilai, moral, dan etika. Salah satu media sosial yang sedang populer dan sering diakses oleh masyarakat adalah media sosial Youtube. Dalam perkembangan serta kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan keislaman dari Youtube, terdapat berbagai macam akun yang menyebarkan dakwah keislaman melalui media sosial. Dalam penelitian ini intensitas menonton video dakwah yang disebarluaskan di Youtube dihubungkan dengan sikap religiusitas anggota grup Whatsapp Masjid Jenderal Sudirman. Salah satu akun dakwah yang aktif memberikan informasi serta pengetahuan keagamaan yaitu MJS CHANNEL. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif sosial Albert Bandura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Jumlah populasinya adalah adalah 256 orang anggota grup Whatsapp Masjid Jenderal Sudirman dan sampelnya 72 orang diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dengan rumus Confirmatory Factor Analysis (CFA), sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik konsistensi internal dan metode yang digunakan adalah teknik Cronbach’s Alpha. Uji validitas dan reliabilitas dihitung dengan bantuan IBM SPSS Statistics. 20. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang menunjukkan nilai koefisien korelasi 0,513. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan yang terjadi antara intensitas menonton video dakwah akun Youtube MJS CHANNEL terhadap sikap religiusitas anggota grup Whatsapp Masjid Jenderal Sudirman sangat erat. Ini artinya variabel intensitas menonton video dakwah akun Youtube MJS CHANNEL ada hubungannya dengan sikap religiusitas anggota grup Whatsapp Masjid Jenderal Sudirman. Dari hasil hubungan yang didapatkan tersebut maka kesimpulannya hipotesis penelitian (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menonton, Religiusitas, Teori Kognitif Sosial
Subjects: Penyiaran Islam
Dakwah
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 02 Dec 2021 08:57
Last Modified: 02 Dec 2021 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum