EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE BISA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN DI LEMBAGA BLC (BISA LEARNING CENTRE) YOGYAKARTA

Muhammad Nizar Hasan, NIP.: 15420031 (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE BISA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN DI LEMBAGA BLC (BISA LEARNING CENTRE) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE BISA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN DI LEMBAGA BLC (BISA LEARNING CENTRE) YOGYAKARTA)
15420031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE BISA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN DI LEMBAGA BLC (BISA LEARNING CENTRE) YOGYAKARTA)
15420031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran nahwu dan efektivitas pembelajaran nahwu dengan metode BISA untuk meningkatkan pemahaman Al-Qur’an di Lembaga BLC (BISA Learning Centre) Yogyakarta. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan baru kepada semua pihak yang berkecimbung dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel penelitian santri kelas Nahwu level 1 di BLC (BISA Learning Centre) Yogyakarta sebanyak 12 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran nahwu dengan menggunakan metode BISA dimulai dengan perencanaan tujuan pembelajaran yaitu agar santri memahami kalimat inti bahasa Arab (jumlah fi’liyyah dan jumlah ismiyyah) dan keterangan tambahan serta mampu mengirab Al-Quran. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Evaluasi pembelajaran terdiri dari tes lisan, tes tulis dan penugasan. Sedangkan untuk hasil efektifitas pembelajaran dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T dengan paired sample T Tes antara nilai pre tes dan nilai post tes diperoleh nilai rata-rata pre tes sebesar 58.75 dan nilai rata-rata post tes sebesar 82.08. Sedangkan untuk signifikansi diperoleh nilai sebesar 0,001 nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. Si, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum BISA; BLC Yogyakarta; pengajaran; pembelajaran
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab - Kata Kerja
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Dec 2021 14:16
Last Modified: 10 Dec 2021 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum