ANALISIS ISI PESAN YANG TERKANDUNG DALAM MEME HADIS (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF PESAN YANG TERKANDUNG DALAM MEME HADIS DI AKUN INSTAGRAM @NUONLINE_ID PERIODE OKTOBER-DESEMBER 2020)

Nur Rohim Ibnu Sidiq, NIM.: 15550033 (2021) ANALISIS ISI PESAN YANG TERKANDUNG DALAM MEME HADIS (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF PESAN YANG TERKANDUNG DALAM MEME HADIS DI AKUN INSTAGRAM @NUONLINE_ID PERIODE OKTOBER-DESEMBER 2020). Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI PESAN YANG TERKANDUNG DALAM MEME HADIS (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF PESAN YANG TERKANDUNG DALAM MEME HADIS DI AKUN INSTAGRAM @NUONLINE_ID PERIODE OKTOBER-DESEMBER 2020))
15550033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISI PESAN YANG TERKANDUNG DALAM MEME HADIS (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF PESAN YANG TERKANDUNG DALAM MEME HADIS DI AKUN INSTAGRAM @NUONLINE_ID PERIODE OKTOBER-DESEMBER 2020))
15550033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Meme merupakan sebuah fenomena yang penyebarannya dapat dianalogikan seperti gen dalam diri manusia, sifatnya yang mudah diduplikasi dan terkesan simpel membuat penyebaran meme di media sosial tak dapat dibendung. Belakangan diketahui meme yang tersebar memiliki varian baru yang berisi konten hadis yang disebut dengan meme hadis. Sebagaimana diketahui hadis merupakan sumber hukum Islam yang utama setelah al-Qur’an, yang artinya meme hadis adalah meme yang memuat dasar hukum Islam yang digunakan sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang itulah penulis merumuskan rumusan masalah ke dalam dua bagian, yaitu: 1) Bagaimana gambaran umum meme hadis di instagram?; dan 2) Bagaimana isi pesan yang terkandung dalam meme hadis yang diunggah akun instagram @nuonline_id?. Penelitian ini perupakan penelitian kepustakaan dengan melakukan pemetaan terhadap gambaran umum meme hadis yang ada di instagram, tujuannya adalah memaparkan bentuk-bentuk meme hadis yang ada, hasilnya ditemukan sebanyak empat kategori yang dibedakan berdasarkan penyajian hadisnya. Kemudian penelitian dilanjutkan dengan melakukan takhrij terhadap setiap meme hadis yang ditemukan guna mengetahui redaksi, jalur sanad, dan kualitas dari hadis terkait sekaligus mempermudah dalam proses coding. Penelitian dilanjutkan dengan meneliti isi pesan yang terkandung dalam meme hadis yang diunggah akun instagram @nuonline_id dengan analisis isi guna mengidentifikasi isi pesan yang tampak, kemudian diolah dengan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengukur aspek-aspek tertentu dari isi (content) dan menyajikannya secara kuantitatif. Setelah dilakukan uji relaibilitas antara coder 1, coder 2, dan coder 3 dan data diolah dengan metode tabulasi dan hasilnya ditemukan tiga kategori isi pesan yaitu informatif, persuasif, dan koersif/instruktif. Isi pesan informatif menempati posisi pertama dengan persentase tertinggi, sedangkan persuasif pada posisi kedua, dan terakhir ditempati oleh isi pesan koersif/instruktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ali Imron, S.Th.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Meme, Meme Hadis, Instagram, Media Sosial
Subjects: Hadis
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Dec 2021 14:31
Last Modified: 03 Dec 2021 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47495

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum