PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA PROGRAM UNGGULAN KARYA TULIS ILMIAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL

MUHAMMAD AZIS, NIM: 15490016 (2020) PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA PROGRAM UNGGULAN KARYA TULIS ILMIAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA PROGRAM UNGGULAN KARYA TULIS ILMIAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL)
15490016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA PROGRAM UNGGULAN KARYA TULIS ILMIAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL)
15490016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat siswa pada karya tulis ilmiah di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul. Peran yang dimaksud meliputi informator, fasilitator, pembimbing dan motivator. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat siswa pada karya tulis ilmiah agar dapat diketahui dan diatasi dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil menunjukkan : Peran guru dalam meningkatkan minat siswa pada karya tulis ilmiah yaitu peran guru sebagai informator menggunakan cara sosialisasi karya tulis ilmiah, peran guru sebagai fasilitator menyediakan literatur dan bahan riset yang sulit didapatkan siswa, peran guru sebagai pembimbing melakukan pembimbingan intensif dan peran guru sebagai motivator memberikan dukungan dan nasehat kepada para siswa. Adapun faktor pendukung peran guru untuk meningkatkan minat siswa pada program karya tulis ilmiah terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor pendukung internalnya yaitu para guru pembimbing yang kompeten dalam membina para siswa khususnya bidang karya tulis ilmiah. Faktor pendukung eksternal yaitu adanya kegiatan ekstrakurikuler Briliant Reseach Club ( BRC ), kerja sama dengan pihak luar yaitu UKM Penelitian UNY dan Edu Riset Sains, sukarelawan alumni dan adanya layanan internet bagi siswa. Faktor penghambat peran guru dalam meningkatkan minat siswa yaitu fasilitas penunjang karya tulis ilmiah yang kurang memadai seperti laboratorium dan buku-buku ilmiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mangun Budiyanto, M.SI
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Minat Siswa, Karya Tulis Ilmiah
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Dec 2021 12:56
Last Modified: 06 Dec 2021 12:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47531

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum