STUDI KOMPARASI MATERI NAHWU DALAM KITAB ALFIYYAH IBNU MALIK, KITAB AL-‘IMRITI DAN KITAB AL-AJURUMIYYAH (ANALISIS GRADASI MATERI)

MUHAMMAD FIKRIN NADHIF, NIM.16420008 (2021) STUDI KOMPARASI MATERI NAHWU DALAM KITAB ALFIYYAH IBNU MALIK, KITAB AL-‘IMRITI DAN KITAB AL-AJURUMIYYAH (ANALISIS GRADASI MATERI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI MATERI NAHWU DALAM KITAB ALFIYYAH IBNU MALIK, KITAB AL-‘IMRITI DAN KITAB AL-AJURUMIYYAH (ANALISIS GRADASI MATERI))
16420008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI MATERI NAHWU DALAM KITAB ALFIYYAH IBNU MALIK, KITAB AL-‘IMRITI DAN KITAB AL-AJURUMIYYAH (ANALISIS GRADASI MATERI))
16420008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tiga buah kitab nahwu yang sering digunakan yaitu kitab Alfiyyah Ibnu Malik, kitab al-‘Imriti dan kitab al-Ajurumiyyah yang meliputi gradasi materi, kemudian mengkomparasikan ketiganya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kepustakaan (library research) dengan objek penelitian kitab Alfiyyah Ibnu Malik, kitab al-‘Imriti dan kitab al-Ajurumiyyah sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik komparasi serta analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Alfiyyah Ibnu Malik, kitab al-‘Imriti dan kitab al-Ajurumiyyah ketiganya sama-sama menggunakan faktor tujuan pembelajaran, jika dilihat dari faktor gradasinya, sama-sama menggunakan gradasi lurus dan gradasi gramatis, jika dilihat dari jenis gradasi dan kebahasaanya, sedangkan jika dilihat dari segi kriteria, gradasinya sama-sama menggunakan diskripsi bahasa sasaran yang mana pola susunannya dimulai dari yang umum ke yang khusus, dari sederhana ke yang rumit, bahkan dalam metode pengajarannya sama-sama menggunakan metode deduktif. Namun di sisi lain dari ketiga kitab tersbut juga ditemukan perbedaan, mulai dari penyajian dan sistematika materi kitab Alfiyyah Ibnu Malik, dan kitab al-‘Imrit}i lebih kompleks daripada kitab al-Ajurumiyyah, jika berdasarkan tingkat kecakapan kitab Alfiyyah Ibnu Malik untuk tingkat lanjut, sedangkan kitab al-‘Imrit}i untuk tingkat sedang dan kitab al-Ajurumiyyah untuk tingkat pemula, selain itu khusus dalam kitab Alfiyyah Ibnu Malik juga menggunakan bobot fungsional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nasiruddin, M.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Gradasi Materi, Kitab Alfiyyah Ibnu Malik, Kitab al-‘Imriti, Kitab al-Ajurumiyyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Dec 2021 13:16
Last Modified: 06 Dec 2021 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum