PROBLEMATIKA MEMBACA TEKS ARAB DITINJAU DARI ASPEK FONOLOGI (Studi Kasus pada Siswa Kelas V SD Qurrota A’yun Babadan Bantul DIY Tahun Pelajaran 2020/2021)

Arina Nur Sofiana, NIM : 16420019 (2020) PROBLEMATIKA MEMBACA TEKS ARAB DITINJAU DARI ASPEK FONOLOGI (Studi Kasus pada Siswa Kelas V SD Qurrota A’yun Babadan Bantul DIY Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA MEMBACA TEKS ARAB DITINJAU DARI ASPEK FONOLOGI (Studi Kasus pada Siswa Kelas V SD Qurrota A’yun Babadan Bantul DIY Tahun Pelajaran 2020/2021))
16420019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA MEMBACA TEKS ARAB DITINJAU DARI ASPEK FONOLOGI (Studi Kasus pada Siswa Kelas V SD Qurrota A’yun Babadan Bantul DIY Tahun Pelajaran 2020/2021))
16420019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika siswa kelas V SD Qurrota A’yun dalam membaca teks Arab ditinjau dari aspek fonologi, untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika tersebut, dan untuk mengetahui konsep ideal pembelajaran fonologi bahasa Arab pada tingkat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dan lapangan yang dilakukan di SD Qurrota A’yun, Babadan, Bantul, DIY. Pemerolehan data yang digunakan yaitu dengan pemerolehan data kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah SD Qurrota A’yun, guru bahasa Arab, dan peserta didik kelas V SD Quurota A’yun. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan non probability sampling berupa sampel bertujuan (al-‘inah al-gardiyyah) atau purposive sample. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat problematika membaca teks Arab dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V SD Qurrota A’yun ditinjau dari segi fonologi yaitu terdiri dari aspek fonetik (berupa problematika vokal dan konsonan) dan aspek fonemik (berupa pengucapan fonologi yang kurang tepat sehingga bisa merubah makna dari kosakata bahasa Arab). Adapun faktor kesulitan siswa dalam membaca teks Arab dari aspek fonologi yaitu berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu teks Arab yang tidak diberi harokat sehingga susah untuk diucapkan/ dibaca, siswa tidak memahami makna, siswa kesulitan terhadap makhroj huruf Arab, kesulitan dari kelas sebelumnya yang masih banyak problem dalam membaca teks Arab. Faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian dan konsentrasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Upaya yang dilakukan guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika membaca teks Arab dari segi fonologi pada siswa kelas V SD Qurrota A’yun yaitu menekankan pembelajaran tahsin dalam membaca huruf Arab, menekankan pelajaran Al-Qur’an pada aspek tilawah, dan mengkolaborasikan pelajaran bahasa Arab dengan pelajaran Al-Qur’an. Konsep ideal pembelajaran fonologi bahasa Arab pada tingkat sekolah dasar yaitu tidak lepas dari pembelajran tahsin dan pembelajaran tahsin harus ditekankan bagi peserta didik tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problematika Membaca, Bahasa Arab, Teks Arab, Fonologi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Dec 2021 13:23
Last Modified: 06 Dec 2021 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum