EKSPERIMENTASI METODE ISTIQRĀῙY DENGAN PERMAINAN “KLASIFIKASI GRAMATIKAL” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAWĀ’ID PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 4 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

YUSTRIANI, NIM : 16420034 (2020) EKSPERIMENTASI METODE ISTIQRĀῙY DENGAN PERMAINAN “KLASIFIKASI GRAMATIKAL” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAWĀ’ID PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 4 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE ISTIQRĀῙY DENGAN PERMAINAN “KLASIFIKASI GRAMATIKAL” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAWĀ’ID PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 4 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
16420034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE ISTIQRĀῙY DENGAN PERMAINAN “KLASIFIKASI GRAMATIKAL” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QAWĀ’ID PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 4 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
16420034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Arab dalam pembelajaran qawā‟id peserta didik kelas VIII MTsN 4 Sleman Yogyakarta. Oleh karena itu , peneliti menerapkan metode istiqrāīy dengan permainan “klasifikasi gramatikal” dalam pembelajaran qawā‟id yang bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pembelajaran qawā‟id menggunakan metode istiqrāīy dengan permainan “klasifikasi gramatikal”. 2) mengetahui efektivitas penggunaan metode istiqrāīy dengan permainan “klasifikasi gramatikal” dalam pembelajaran qawā‟id Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi ekperimental design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui wawancara, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. dianalisis menggunakan uji mann whitney dan uji N-gain Score dengan spss 24. Hasil analisis menunjukan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini berdasarkan hasil pengujian uji man whitney yang menunjukan nilai Asymp.Sig = 0.000 < 0,05. Metode istiqrāīy dengan permainan klasifikasi gramatikal lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar qawā‟id. Hal ini berdasarkan pada analisis data Uji T independent sampels test N-gain menunjukan nilai sig. sebesar 0,000 lebih kecil dari <0,05, dan nilai rata-rata N-gain kelas kontrol 32,08 % termasuk kategori tidak efektif. Dan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen 64,75% termasuk kategori efektif. Dari hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode istiqrāīy dengan permainan klasifikasi gramatikal efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar qawā‟id peserta didik kelas VIII MTsN 4 Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. R. Umi Baroroh S.Ag.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: metode istiqrāīy, permainan klasifikasi gramatikal, hasil belajar, qawā‟id bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Dec 2021 13:42
Last Modified: 06 Dec 2021 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47540

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum