KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TENTANG PENGEMBANGAN KURIKULUM ISMUBA DAN PROBLEMATIKA BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Dewi Purwanti, NIM: 18204021009 (2021) KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TENTANG PENGEMBANGAN KURIKULUM ISMUBA DAN PROBLEMATIKA BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TENTANG PENGEMBANGAN KURIKULUM ISMUBA DAN PROBLEMATIKA BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
18204021009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TENTANG PENGEMBANGAN KURIKULUM ISMUBA DAN PROBLEMATIKA BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
18204021009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Sesuai dengan masalah yang diangkat, maka rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum ismuba di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana konsep pengembangan kurikulum ismuba di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh terhadap efektivitas hasil belajar bahasa arab siswa di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dengan mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis Analisis data yang digunkan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Adapun teknik memeriksa keabsahan data digunakan yaitu tehnik triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum Ismuba di SMP Muhammadiyyah 3 Yogyakarta yaitu dengan cara menerapkan kegiatan belajar tatap muka langsung di optimalkan dalam mempelajari teori-teori yang ada sesuai jenjang yang telah ditentukan. Kemudian untuk kegiatan belajar tidak tatap muka dioptimalkan dalam praktik kegiatan keagamaan, kemudian melatih kepribadian sesuai dengan akhlak yang baik. Untuk pelaksanaan jumat berbahasa belum terlaksana. (2) Konsep pengembangan kurikulum ismuba yaitu dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (3) Desain pengembangan kurikulum ismuba yaitu yang menjadi patokan penting dalam pengembangan kurikulum Ismuba adalah peningkatan akhlak dan nilai-nilai yang ditanamkan kepada siswa agar bermanfaat dalam kehidupannya dan di masyarakat sekitarnya. Penanaman nilai-nilai islami ini melalui berbagai aspek diantaranya adalah evaluasi dalam bentuk spiritual learning. (4) Kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum terhadap hasil belajar bahasa arab siswa di SMP Muhammadiyah 3 yaitu bahwa berdasarkan hasil belajar siswa di sekolah ini, pengembangan kurikulum ismuba sangat berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa arab yang diperoleh oleh siswa. Hasil belajar siswa tersebut diambil dari ujian akhir semester yang diikuti oleh siswa baik kelas 7, 8 dan kelas 9. Spesifikasi jumlah tersebut dinyatakan dalam prosentase. (5) Problematika yang dihadapi adalah kurangnya minat siswa terhadap pelajaran bahasa arab, keterbatasan waktu, kurangnya penggunaan media belajar, ketersediaan sarana dan prasarana dan belum kondusifnya lingkungan berbahasa arab. Adapun upaya yang dilakukan oleh pihak madrasah adalah dengan berusaha memperbaiki system dan kebijakan sekolah, pengajuan kelengkapan sarana dan prasarana, serta penguatan materi bahasa arab oleh native speaker.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tulus Musthofa, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: kebijakan, pengembangan kurikulum, pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Dec 2021 09:30
Last Modified: 08 Dec 2021 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47572

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum