PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF DARUSSHOLIHIN YOGYAKARTA

Yovial Ly Maulana, NIM.: 16600062 (2021) PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF DARUSSHOLIHIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF DARUSSHOLIHIN YOGYAKARTA)
16600062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF DARUSSHOLIHIN YOGYAKARTA)
16600062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Darussholihin Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021; 2) apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan linguistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Darussholihin Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021; 3) apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Darussholihin Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif Darussholihin Yogyakarta pada kelas VII semester genap tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 49 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan judgement sampling. Instumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu skala kecerdasan logis matematis, skala kecerdasan linguistik, dan soal tes pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalan analisis regresi ganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu sebelum melakukan uji hipotesis. Hasil penlitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan siginifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Darussholihin Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021; 2) terdapat pengaruh positif dan siginifikan antara kecerdasan linguistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Darussholihin Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021; 3) terdapat pengaruh positif dan siginifikan antara kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Darussholihin Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Linguistik, Dan Kemampuan Pemecahan Maslaah Matematika Siswa
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:36
Last Modified: 03 Jan 2022 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47739

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum