MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021

Didin Rojudin, NIM.: 17104020010 (2021) MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MALIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MĀLIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021)
17104020010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB ALFIYYAH IBN MĀLIK DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021)
17104020010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model desain pembelajaran, proses dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran gramatika bahasa Arab menggunakan kitab Alfiyyah ibn Mālik di kelas Alfiyyah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisi data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model desain pembelajaran yang digunakan di kelas Alfiyyah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta adalah model pembelajaran aktif dan model pengajaran sistem perilaku yang berfokus kepada santri dengan metode presentasi, diskusi, tanya jawab, ceramah, hafalan, dan bandongan. (2) Proses pembelajaran ada tiga tahap yang dilakukan yaitu Kegiatan pembuka, santri masuk kelas pukul 19.45 WIB sambil menunggu ustāż melantunkan bait Alfiyyah ibn Mālik selama kurang lebih 10 menit. Kemudian ustāż membuka pembelajaran dengan pembacaan salam dan mengirim doa kepada guru-guru dan pengarang kitab terutama kitab Alfiyyah ibn Mālik. Kegiatan inti, Kegiatan inti pembelajaran di kelas Alfiyyah II yaitu ada pembacaan maqra, presentasi, hafalan, tanya jawab, dan diskusi. Kegiatan penutup, dipenghujung pembelajaran ustāż Tafsir menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam dilanjutkan membaca surat al-Fātihah dan doa kafārotul majlis. (3) Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran peneliti mengklasifikasikan menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor pendukung internal mencakup rasa cinta terhadap ilmu nahwu, minat, memiliki kesiapan sebelum masuk kelas, motivasi, dan ustāż pengampu ilmu nahwu. Sedangkan faktor pendukung eksternal mencakup sistem pembelajaran, teman, belajar diluar kelas, punishment,dan munāqosyah Alfiyyah ibn Mālik. Faktor penghambat internal mencangkup keberagaman santri, belum memiliki kesiapan kesiapan sebelum masuk kelas, rasa malas, rendahnya bekal ilmu nahwu, dan kurang percaya diri. Sedangkan faktor penghambat eksternal mencakup alokasi waktu, bentrok antara kegiatan pondok dengan kampus, materi, metode, dan mufrodat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab, Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:37
Last Modified: 03 Jan 2022 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum