PENGEMBANGAN VIDEO MAZE MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 60 JATINOM

Alvianita Miftaqul Janah, NIM.: 17104030042 (2021) PENGEMBANGAN VIDEO MAZE MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 60 JATINOM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO MAZE MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 60 JATINOM)
17104030042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO MAZE MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 60 JATINOM)
17104030042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan anak berhitung yang masih kurang yang disebabkan oleh kurangnya tatap muka pembelajaran pada saat ini dikarenakan Pandemi Covid-19. Dengan adanya media berupa video pembelajaran membuat proses belajar anak menjadi efektif karena dapat dilakukan dirumah. Model pengembangan penelitian yang dipakai diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini TK Kemala Bhayangkari 60 Jatinom proses pengumpulan data menggunakan angket validasi, yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dan guru di TK Kemala Bhayangkari 60 Jatinom. Pengujian kualitas dan kelayakan video pengembangan maze matematika menggunakan angket respon bagi peserta didik. Hasil dari data berupa kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh berupa saran dari ahli materi dan ahli media. Data kuantitatif didapatkan dari kuisioner yang diisi untuk ahli materi, ahli media dan guru disekolah. Instrumen yang digunakan berupa instrumen validitas untuk ahli materi dan media berupa checklist. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil validasi aspek materi memperoleh skor 3,7 dengan kriteria “Sangat Layak” kemudian aspek media memperoleh skor 4 dengan kriteria “Sangat menarik”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa video maze matematika sebagai media pembelajaran yang edukatif untuk kemampuan berhitung dan meningkatkan kognitif anak 5-6 tahun “Sudah Layak” untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar untuk mempermudah proses belajar anak terutama pada masa Pandemi Covid-19 yang bertujuan agar anak lebih menguasai konsep berhitung dan melatih anak untuk memecahkan suatu permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Maze Matematika, Media Pembelajaran, Perkembangan Kognitif
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:39
Last Modified: 03 Jan 2022 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum