PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMA KENDARAAN MASA PANDEMI DI RA MUSLIMAT NU NGAWEN MAGELANG

Ichda Faricha Ulufiati, NIM.: 17104030025 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMA KENDARAAN MASA PANDEMI DI RA MUSLIMAT NU NGAWEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMA KENDARAAN MASA PANDEMI DI RA MUSLIMAT NU NGAWEN MAGELANG)
17104030025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMA KENDARAAN MASA PANDEMI DI RA MUSLIMAT NU NGAWEN MAGELANG)
17104030025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa tema kendaraan merupakan tema yang sulit bagi guru untuk menyampaikannya kepada siswa di pembelajaran masa pandemic ini. Pembelajaran di masa pandemi guru hanya menggunakan metode pemberian tugas dengan cara anak belajar mandiri dirumah. Hal ini berakibat anak merasa sulit memahami materi pembelajaran terssebut. Dalam tema kendaraan ini idealnya kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengajak anak untuk melakukan pengamatan secara langsung mengenai materi tema kendraan. Namun, metode tersebut belum terlaksana di RA Muslimat NU Ngawen Magelang karena dalam merapkannya memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit serta di kondisi pandemic ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan pengamatan secara langsung. Oleh karena itu, dirancang dan dibuatlah media pembelajaran video animasi pada pembelajaran tema kendaraan. Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengembangan media video animasi pada pembelajaran tema kendaraan masa pandemi di RA Muslimat Ngawen Magelang (2) untuk mengetahui kelayakan media video animasi pada pembelajaran tema kendaraan masa pandemic di RA Muslimat NU Ngawen Magelang berdasarkan hasil masukan dan saran oleh ahli media, ahli materi, guru, dan respon oleh 7 peserta didik. Model pengembangannya adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Untuk menentukan kualitas produk menggunakan cara menganalisis hasil data kuantitatif dan kualitatif dengan kriteria penilaian dan persentase keidealan yang sudah ditentukan. Hasil penelitian pengembangan media video animasi menunjukkan bahwa kelayakan media video animasi berdasarkan penilaian menurut ahli media mendapatkan presentase keidealan 80% dengan kategori Baik (B) dan ahli materi memperoleh presentase keidealan 93% dengan kategori Sangat Baik (SB). Menurut penilaian guru media video animasi mendapatkan presentase keidealan 95% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan respon siswa mendapatkan presentase keidealan 81,3% dengan kategori Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Video Animasi, Tema Kendaraan, Masa Pandemi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:39
Last Modified: 03 Jan 2022 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47767

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum