PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN KIMPULAN KELURAHAN UMBULMARTANI KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Ari Raptika Sari, NIM.: 17104030053 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN KIMPULAN KELURAHAN UMBULMARTANI KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN KIMPULAN KELURAHAN UMBULMARTANI KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
17104030053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN KIMPULAN KELURAHAN UMBULMARTANI KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
17104030053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi covid-19 yang mengharuskan peran orang tua dalam mendampingi belajar anak, sehingga banyak orang tua yang belum siap dengan situasi yang mengharuskan dirinya menjadi guru selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui peran orang tua dalam mendampingi belajar anak pada masa pandemi covid-19, faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam mendampingi anak belajar pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Kimpulan, Kelurahan Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini diambil sampel orang tua dan anak usia dini yang meliputi, 4 Ibu,3 Ayah dan 4 anak usia dini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Analisis data kualitatif peneliti menggunakan analisis model Miles and Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) Peran orang tua dalam mendampingi belajar anak pada masa pandemi covid-19 yaitu, orang tua sebagai penyedia fasilitas belajar, orang sebagai teladan, orang tua sebagai pengingat jadwal belajar, orang tua sebagai pembibimbing belajar. (2) Faktor pendukung orang tua dalam mendampingi anak belajar pada masa pandemi covid-19 yaitu, adanya fasilitas belajar yang cukup, adanya orang tua yang selalu mendampingi anaknya belajar. sedangkan faktor penghambat orang tua dalam mendampingi anak belajar pada masa pandemi covid-19 yaitu, adanya sebagian anak yang mulai bosan belajar dirumah, adanya sebagian orang tua yang belum siap dengan situasi yang mengharuskan dirinya menjadi guru untuk anaknya selama masa pandemi covid-19, adanya sebagian anak yang memakai kacamata karena adanya gangguan penglihatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Belajar Anak Usia Dini, Masa Pandemi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2022 14:40
Last Modified: 03 Jan 2022 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum