PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA N 2 SLEMAN

Putri Ardiani, NIM.: 15680044 (2020) PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA N 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA N 2 SLEMAN)
15680044_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA N 2 SLEMAN)
15680044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh strategi Active Learning tipe The Power of Two terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA N 2 Sleman, 2) mengetahui pengaruh strategi Active Learning tipe The Power of Two terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA N 2 Sleman. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimen (Experimental Research) dengan desain penelitian Pretest - Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua kelas XI IPA yang terdiri dari dua kelas. Sampel yang digunakan dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket untuk data motivasi dan soal tes (pretest-posttest) untuk data hasil belajar. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney untuk data motivasi dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, 1) tidak terdapat pengaruh strategi Active Learning tipe The Power of Two terhadap motivasi belajar biologi siswa, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai sig. 0,442 > 0,05; 2) tidak terdapat pengaruh strategi Active Learning tipe The Power of Two terhadap hasil belajar biologi siswa, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai sig. 0,105 > 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Runtut Prih Utami, S. Pd., M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: pembelajaran langsung; motivasi belajar; hasil belajar; strategi pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 23 Feb 2022 15:04
Last Modified: 23 Feb 2022 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47861

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum