PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DISTRIBUSI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN ‘AIRKU’ DENGAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP)

Doni Prima Yukri, NIM.: 14660039 (2019) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DISTRIBUSI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN ‘AIRKU’ DENGAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DISTRIBUSI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN ‘AIRKU’ DENGAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP))
14660039_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DISTRIBUSI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN ‘AIRKU’ DENGAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP))
14660039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

PDAM Tirta Binangun Kulon Progo merupakan salah satu perusahaan daerah yang memproduksi air minum dalam kemasan yang dikemas dalam bentuk cup/gelas, botol, dan galon dengan brand AirKu. Sistem distribusi yang digunakan perusahaan adalah sistem distribusi multi eselon. Perusahaan sering kali mengalami kekurangan maupun kelebihan produk, hal ini disebabkan karena permintaan agen yang fluktuatif tidak diramalkan sebelumnya oleh perusahaan, selain itu sering kali beberapa agen mengalami ketidak pastian estimasi pesanan sampai di tangan agen. PDAM Tirta Binangun memerlukan adanya sistem perencanaan dan pengendalian persediaan yang baik, model sistem pengisian kembali persediaan yang dapat digunakan dalam distribusi multi eselon yakni Distribution Requirement Planning (DRP). Penggunaan metode Distribution Requirement Planning untuk perencanaan aktivitas distribusi dengan memperhatikan besarnya safety stock, lead time, biaya penyimpanan, biaya pemesanan, dan peramalan permintaan untuk periode selanjutnya. Perencanaan disusun berdasarkan pemilihan lot size terbaik yang menghasilkan biaya yang paling optimal, kemudian dapat diketahui jumlah gross reuirement, project on hand, net requirement, planned order receipt, planned order release, dan biaya yang dibebankan ketika melakukan distribusi. Metode perhitungan yang dilakukan untuk mendapatkan nilai-nilai kebutuhan dan pemesanan dilakuakn membutuhkan perhitungan yang kompleks dan memiliki resiko terjadi kesalahan manusia (human error). Sistem pendukung keputusan yang dibuat mampu melakukan peritungan ini den terkomputerisasi dan berkelanjutan sehingga berdampak pada berkurangnya sumberdaya yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan dan berkurangnya resiko kesalahan manusia dalam perhitungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Trio Yonathan Teja Kusuma, S. T., M. T.
Uncontrolled Keywords: distribusi; Sistem Pendukung Keputusan, Distribution Requirement Planning (DRP); PHP; persediaan; gross reuirement
Subjects: Tehnik Industri
Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 25 Feb 2022 09:19
Last Modified: 25 Feb 2022 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47869

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum