PENGEMBANGAN MATERI MATRIKULASI BAHASA ARAB SEBAGAI PENINGKATAN MAHARAH ISTIMA’ DAN MAHARAH KALAM DI MAN 1 BOYOLALI

Rizqa Barokatunisa, NIM.: 17204020012 (2019) PENGEMBANGAN MATERI MATRIKULASI BAHASA ARAB SEBAGAI PENINGKATAN MAHARAH ISTIMA’ DAN MAHARAH KALAM DI MAN 1 BOYOLALI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MATERI MATRIKULASI BAHASA ARAB SEBAGAI PENINGKATAN MAHARAH ISTIMA’ DAN MAHARAH KALAM DI MAN 1 BOYOLALI)
17204020012_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MATERI MATRIKULASI BAHASA ARAB SEBAGAI PENINGKATAN MAHARAH ISTIMA’ DAN MAHARAH KALAM DI MAN 1 BOYOLALI)
17204020012_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh latar belakang pendidikan siswa yang heterogen, ada yang dari SMP, MTs, ataupun Pondok Pesantren. Perbedaan inilah yang mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Siswa lulusan SMP pastinya tidak mendapatkan mata pelajaran bahasa Arab sehingga tidak memiliki bekal pembelajaran bahasa Arab dan dapat dipastikan akan banyak menemukan kesulitan saat pembelajaran. Berbeda dengan siswa lulusan MTs dan pondok pesantren yang sudah memiliki bekal pengetahuan untuk mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Disisi lain, siswa Madrasah Aliyah dituntut untuk dapat memahami semua keterampilan berbahasa Arab yaitu istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah. Oleh karena itu, diperlukan sebuah program untuk menyamaratakan pengetahuan siswa antara yang tidak paham dan yang paham menjadi sama – sama paham yang dalam penelitian ini disebut dengan program matrikulasi bahasa Arab. Dalam program matrikulasi diperlukan materi atau buku ajar sebagai pendamping bagi siswa, maka dalam hal ini peneliti membuat buku ajar matrikulasi bahasa Arab yang berisi latihan maharah istima’ dan maharah kalam. Tujuannya agar siswa terbiasa dengan bahasa Arab sehingga mudah untuk mempelajarinya. Model pengembangan materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Product Oriented Model (model pembelajaran yang berorientasi pada produk), yang didasarkan pada empat asumsi 1) produk sangat diperlukan, 2) produk perlu diproduksi, 3) produk perlu uji coba dan revisi, 4) produk dapat digunakan walaupun dengan bimbingan fasilitator. Peneliti melakukan pretes dan posttest produk buku ajar kepada sepuluh siswa pilihan. Pada saat pretest atau tes sebelum tindakan rata – rata nilai siswa adalah 5,784 dan setelah diberikan tindakan matrikulasi rata – rata nilai siswa menjadi 7,134. Hal ini berarti adanya peningkatan sebesar 1,350 atau sekitar 19%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar matrikulasi yang dibuat oleh peneliti dapat digunakan pada pembelajaran matrikulasi bahasa Arab di MAN 1 Boyolali.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Maharah Istima’; Maharah Kalam; matrikulasi Bahasa Arab;
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Jan 2022 10:31
Last Modified: 06 Jan 2022 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum