AL LAMUSAWAH AL IJTIMA’IYYAH FI QISSAH AL QASIRAH “AL-GHARIB” LI NAJIB AL-KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH ADABIYYAH)

Mir’atun Nasriyyah, NIM.: 15110042 (2021) AL LAMUSAWAH AL IJTIMA’IYYAH FI QISSAH AL QASIRAH “AL-GHARIB” LI NAJIB AL-KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH ADABIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL LAMUSAWAH AL IJTIMA’IYYAH FI QISSAH AL QASIRAH “AL-GHARIB” LI NAJIB AL-KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH ADABIYYAH))
15110042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL LAMUSAWAH AL IJTIMA’IYYAH FI QISSAH AL QASIRAH “AL-GHARIB” LI NAJIB AL-KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA’IYYAH ADABIYYAH))
15110042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Cerpen ini menceritakan ketidakseimbangan sosial dalam sebuah perusahaan, yang terjadi antara direktur dengan sekretarisnya. menjadikan terciptanya beberapa ketimpangan sosial karena beberapa faktor dalam kehidupan mereka. Peneliti ingin mengetahui bagaimana struktur dalam cerpen al-Garib?; bagaimana faktor-faktor yang membuat ketimpangan sosial terjadi dalam cerpen al-Garib?. Unsur instrinsik yang akan diuraikan oleh peneliti adalah sesuai dengan teori Struktural Model Farhud yang terbagi menjadi cerita, penokohan, alur, setting tempat dan waku, ide/gagasan, dan keterkaitan antarunsur struktur cerpen. Kemudian ketimpangan sosial yang akan diteliti oleh peneliti adalah berdasarkan pemikiran Sosiologi Islam Ali Syari’ati. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskripstif. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) Cerpen al-Garib ini mengungkapkan tentang kehidupan kalangan bawah yang selalu mendewakan kalangan atas. Penokohan yang yang ada di dalam cerpen ini, diantaranya Hasan, Ali, Haji Adnan, dan Istri Hasan. Alur dari cerpen ini memiliki alur maju mundur. Setting tempat yang digunakan seperti perusahaan, ruang arsip, kantor direktur, rumah Hasan dan Ali, jalanan dekat hotel, dan rumah sakit. Setting waktu terdiri dari sore, setiap hari, dan jam setengah tiga menjelang fajar. Ide/gagasannya yaitu mengenai perbedaan jabatan dan kasta antara kalangan atas dan bawah dalam ruang lingkup perusahaan. Dan keterkaitan antarunsur struktur cerpen sangat berpengaruh dalam pembentukan cerita dalam cerpen ini. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya ketimpangan sosial yang terjadi dalam cerpen al-Garib ini, menurut teori sosiologi islam Ali syari’ati ditemukan bahwa ada empat hal, yaitu: (1) struktur kelas sosial (2) faktor eknomi (3) Kelas atas dan Bawah (4) Kesadaran kelas. Faktor-faktor tersebut didasarkan pada peristiwa yang terjadi antara Qobil dan Habil. direktur perusahaan dan Hasan yang menjabat sebagai sekretaris direktur membuat kehidupan dalam perusahaan itu menjadi tidak seimbang. Sehingga ketimpangan sosial tercipta dalam cerpen al-gharib tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Moh.Khanif Anwari, S.Ag. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sastra, al-Garib, Farhud, Sosiologi, Ali Syari’ati.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 09:33
Last Modified: 14 Apr 2022 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum