AMALIYAH TAHQIQ AL DZAT AL IBDA'IYAH SHAKHSHIYAH DHIKRA FI AL RIWAYAH QATHARAH MIN AL DUMU’ LI SAMIRAH BINT AL JAZIRAH AL ARABIYAH”.

Tsamrotul Fuadah, NIM.: 16110030 (2021) AMALIYAH TAHQIQ AL DZAT AL IBDA'IYAH SHAKHSHIYAH DHIKRA FI AL RIWAYAH QATHARAH MIN AL DUMU’ LI SAMIRAH BINT AL JAZIRAH AL ARABIYAH”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AMALIYAH TAHQIQ AL DZAT AL IBDA'IYAH SHAKHSHIYAH DHIKRA FI AL RIWAYAH QATHARAH MIN AL DUMU’ LI SAMIRAH BINT AL JAZIRAH AL ARABIYAH”.)
16110030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AMALIYAH TAHQIQ AL DZAT AL IBDA'IYAH SHAKHSHIYAH DHIKRA FI AL RIWAYAH QATHARAH MIN AL DUMU’ LI SAMIRAH BINT AL JAZIRAH AL ARABIYAH”.)
16110030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Novel ini bercerita tentang seorang gadis Badui yang mengalami trauma, kemudian mendapatkan pertolongan dalam perjalanan hidupnya sehingga bisa tetap berkembang diusia mudanya. Penelitian dilakukan menggunakan teori psikologi sastra Alfred Adler, sebuah teori psikologi individual yang menekankan pada minat sosial. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tokoh Dzikra berhasil menemukan diri kreatifnya dengan terbentuknya menjadi penulis, dan minat kemasyarakatan atau sisi sosial yang terbangun dalam kemauannya menjadi perawat dan guru di panti. Selanjutnya, perjalanan Dzikra dari satu inferioritas ke inferioritas lain mengantarkannya pada sisi superioritas. Untuk itu, dari konsep psikologi Adler ini dapat diketahui bahwa individu yang sehat adalah individu yang memiliki finalisme fiktif, perjuangan ke arah superioritas, dikendalikan oleh perasaan inferioritas yang normal, disertai dengan minat sosial yang tinggi, juga diri kreatif yang hadir sebagai aktualisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Yulia Nasrul Latifi, S.Ag,. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Novel, Psikologi Sastra, Alfred Adler.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 09:53
Last Modified: 25 May 2022 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum