AL THIBAQ WA AL MUQABALAH FI AL JUZ AL SADIS WA AL 'ISYRI'IN MIN AL QUR'AN AL KARIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGIYYAH BADI'YAH)

Rizky Nabila Dwi Putri, NIM.: 17101010015 (2021) AL THIBAQ WA AL MUQABALAH FI AL JUZ AL SADIS WA AL 'ISYRI'IN MIN AL QUR'AN AL KARIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGIYYAH BADI'YAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL THIBAQ WA AL MUQABALAH FI AL JUZ AL SADIS WA AL 'ISYRI'IN MIN AL QUR'AN AL KARIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGIYYAH BADI'YAH))
17101010015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL THIBAQ WA AL MUQABALAH FI AL JUZ AL SADIS WA AL 'ISYRI'IN MIN AL QUR'AN AL KARIM (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGIYYAH BADI'YAH))
17101010015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Alqur’an adalah kitab suci yang bersifat kekal yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai panduan manusia agar tidak tersesat dalam kehidupan ini. Alqur’an mempunyai 7 isi kandungan, yakni akidah, ibadah, akhlak, hukum-hukum, peringatan, sejarah atau kisah dan dorongan untuk menjadikan Alqur’an sebagai panduan hidup akan membimbing manusia menuju kehidupan yang sesuai dengan penciptaannya. Dan Alqur’an merupakan kitab yang bisa dikaji dari banyak segi, diantaranya bahasa, makna, filsafat dan hukum. Dan Alqur’an memiliki mukjizat yaitu dari segi hukumya, keilmuannya dan bahasanya. Adapun mukjizat Alqur’an dari segi bahasa, yaitu para ahli bahasa mengetahui gaya bahasa dan susunannya dari ilmu ma’ani, ilmu bayan dan ilmu badi’. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis balagah dan hasil yang akan diperoleh berupa data deskriptif. Adapun dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu 1) Berapa ayat yang mengandung thibaq dan muqabalah dalam Alqur’an Juz 26? 2) Apa macam-macam thibaq dan muqabalah yang terdapat dalam Alqur’an juz 26?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ayat-ayat yang mengandung thibaq dan muqabalah yang terdapat dalam Alqur’an juz 26. 2) untuk mengetahui macam-macam thibaq dan muqabalah yang terdapat dalam Alqur’an juz 26. Adapun hasil dari penelitian yang diperoleh dari analisis thibaq dan muqabalah dalam juz 26, yaitu ditemukan 32 ayat yang mengandung thibaq Ijab, 7 ayat yang mengandung thibaq salab dan 8 ayat yang mengandung muqabalah. Dan adapun thibaq dalam juz 26 ada dua macam, yaitu thibaq ijab dan thibaq salab, dan muqabalah dalam juz 26, yaitu itsnaini bi itsnaini dan muqabalah tsalatsah bi tsalatsah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mohammad Habib, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Alqur’an, Thibaq, Muqabalah
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 14:05
Last Modified: 10 May 2022 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum