AL-HUBBU FI AL-RIWAYAH BANATU AL-RIYAD LI RAJAA’ AL-SANI’A (DIRASAH TAHLILIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN)

Hilda Maulidiyah, NIM.: 17101010031 (2021) AL-HUBBU FI AL-RIWAYAH BANATU AL-RIYAD LI RAJAA’ AL-SANI’A (DIRASAH TAHLILIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-HUBBU FI AL-RIWAYAH BANATU AL-RIYAD LI RAJAA’ AL-SANI’A (DIRASAH TAHLILIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN))
17101010031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL-HUBBU FI AL-RIWAYAH BANATU AL-RIYAD LI RAJAA’ AL-SANI’A (DIRASAH TAHLILIYYAH BINYAWIYYAH TAKWINIYYAH LI LUCIEN GOLDMANN))
17101010031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul “Al-Ḫubbu Fῑ Al-Riwāyah Banātu Al-Riyāḍ Lῑ Rajaā’ Al-Şāni’a (Dirāsah Tahlῑliyyah Binyawiyyah Takwῑniyyah Lῑ Lucien Goldmann)” ini bertujuan untuk mengungkap dan mengetahui pandangan dunia Rajaa’ al-Sanea terhadap cinta sebagai subjek kolektif dalam novelnya yang berjudul Banat al-Riyadh dan untuk mengetahui struktur karya sastra dan kondisi masyarakat Saudi sebagai latar tempat dari penulisan novel tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh novel Banat al-Riyadh yang dikisahkan penulis dengan latar cerita yang menarik. Selain itu, bentuk penulisan novelnya juga berbeda dengan novel pada umumnya. Keberanian al-Sanea mengangkat hal tabu dalam masyarakatnya sebagai tema penulisan ceritanya menjadikan novel ini menarik untuk dibaca dan diteliti. Al-Sanea mengawali penulisannya melalui surat elektronik dan mendapatkan penolakan ketika ingin menerbitkan tulisannya sebagai novel di Saudi. Dalam novelnya, al-Sanea menceritakan kisah cinta keempat tokoh utama, yakni Qamrah, Sadim, Michelle, dan Lamis. Selain itu, al-Sanea juga menyelipkan kritik-kritiknya terhadap keadaan masyarakat dan Pemerintahan di Saudi. Penelitian ini berfokus pada cinta yang digambarkan al-Sanea dalam novel Banat al-Riyadh dengan menggunakan teori strukturalisme genetik Lucian Goldmann dengan metode dialektik. Hasil dari penelitian ini adalah struktur novel Banat al-Riyadh adalah struktur dunia sebagai konflik antara kelompok yang memegang teguh adat dan budayanya dan kelompok yang ingin kebebasan, toleransi dan modernisasi. Rajaa’ Al Sanea memiliki pandangan dunia tentang cinta dalam novelnya. Cinta yang digambarkannya adalah cinta pada sesama, cinta ibu, dan cinta erotis. Cinta yang digambarkan Al-Sanea dalam novelnya adalah cinta yang ingin diwujudkan oleh kelompok yang menginginkan perubahan dan mengikuti perkembangan zaman, atau kelompok modernis yang memperjuangkan kebebasan dan pembaharuan di tengah masyarakat Saudi yang masih menganut budaya dan tradisinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ridwan, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Cinta, Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann, Pandangan Dunia.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2022 14:18
Last Modified: 05 Jan 2022 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum