MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES CHANNEL YOUTUBE SANTRI GAYENG DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN KOTAGEDE YOGYAKARTA

Thoha Khamdan Sukroni, NIM.: 16210037 (2021) MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES CHANNEL YOUTUBE SANTRI GAYENG DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES CHANNEL YOUTUBE SANTRI GAYENG DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN KOTAGEDE YOGYAKARTA)
16210037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MOTIF DAN KEPUASAN MENGAKSES CHANNEL YOUTUBE SANTRI GAYENG DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN KOTAGEDE YOGYAKARTA)
16210037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Youtube menjadi salah satu media sosial yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari masyarakat di mana mayoritas masyarakat menggunakan youtube sebagai media pilihan untuk membantu aktivitas, akan tetapi mereka juga selektif dalam memilih apa yang ingin mereka konsumsi misalnya, mencari informasi atau hanya sekadar mencari hiburan, yang sekiranya sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Hal tersebut yang juga dimanfaatkan oleh channel Youtube Santri Gayeng yang mengunggah kajian dari K.H Bahauddin Nursalim ke Youtube dengan harapan dapat memenuhi keutuhan jamaah akan kajian keislaman. Seperti yang dilakukan santri P.P Hidayatul Mubtadi-ien di mana untuk memenuhi kebutuhan informasi khususnya tentang keislaman, santri di P.P Hidayatul Mubtadi-ien mengakses channel Santri Gayeng, akan tetapi setiap individu tentu memiliki motif tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan kepuasan santri P.P Hidayatul Mubtadi-ien dalam mengakses channel Youtube Santri Gayeng. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Uses and Gratification yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 65 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik chi square. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terapat hubungan antara motif dengan kepuasan pada santri P.P Hidayatul Mubtadi-ien. Hal ini dinyatakan dengan adanya 13 indikator yang mempunya nilai lebih kecil dari pada 0,05 yang berarti indikator tersebut mempunyai hubungan antara motif dan kepuasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Santri Gayeng; media sosial; kepuasan; channel youtube
Subjects: Manajemen Dakwah
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jan 2022 11:20
Last Modified: 10 Jan 2022 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum