MOTIF MENONTON ANIMASI NUSA DAN RARA DI CHANEL YOUTUBE NUSA&RARAOFFICAL PADA KADER LEMBAGA DAKWAH KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Muhammad Rizqi, NIM.: 14210052 (2021) MOTIF MENONTON ANIMASI NUSA DAN RARA DI CHANEL YOUTUBE NUSA&RARAOFFICAL PADA KADER LEMBAGA DAKWAH KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF MENONTON ANIMASI NUSA DAN RARA DI CHANEL YOUTUBE NUSA&RARAOFFICAL PADA KADER LEMBAGA DAKWAH KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)
14210052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MOTIF MENONTON ANIMASI NUSA DAN RARA DI CHANEL YOUTUBE NUSA&RARAOFFICAL PADA KADER LEMBAGA DAKWAH KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)
14210052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Teori Use and Gratification mengasumsikan bahwa khalayak dalam mengkonsumsi media memilih sesuai kebutuhan yang dimana media tersebut dapat memenuhi kebutuhan nya yang berkaitan dengan media. Penelitian ini di dasarkan pada banyak penonton pada animasi Nussa dan Rara dan banyaknya kader LDK UNY yang turut merekomendasikan tayangan ini sebagai tontonan. Dalam penelitian ini membahas bagaimana motif kader lembaga dakwah kampus universitas negeri Yogyakarta dalam menonton animasi Nussa dan Rara. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dalam pendekatan analisis dan menggunakan kuesioner dalam pengambilan data. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kader LDK UNY dan sampelnya berjumlah 51 orang. Analisis penelitian ini menggunakan SPSS dalam melakukan olah data dan menggunakan tedensial mean,median dan modus serta menu Friedman dalam pengelolahannya. Pengukuran menggunakan skala Likert yang terdiri dari 4 jawaban yaitu sangat setuju,setuju,tidak setuju, sangat tidak setuju. Pengukuran motif menggunakan indicator motif McQuail dkk , yaitu motif informasi, motif integrasi dan interaksi sosial, motif identitas pribadi, dan motif hiburan. Hasil penelitian menunjukan bahwa motif integrasi dan interaksi sosial mendominasi semua motif dengan nilai motif mencapai 13,31. Kemudian motif informasi dengan nilai yaitu 13,00. Kemudian motif identitas pribadi mendapatkan nilai 12,76. Kemudian motif yang terakhir yaitu motif hiburan mendapatkan nilai 12,43. Berdasarkan hasil penyebaran angket bahwa motif yang mendominasi motif kader lembaga dakwah kampus UNY dalam menonton animasi ini adalah motif integrasi dan interaksi sosial, kemudian motif motif informasi,setelah itu motif identitas pribadi dan terakhir motif hiburan yang menjadi motif paling rendah dibandingkan ketiga motif lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Luthfi Habibi, M.A
Uncontrolled Keywords: Teori Uses and Gratification, Deskritif, Motif,Kader Lembaga Dakwah Kampus UNY
Subjects: Penyiaran Islam
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 10:09
Last Modified: 10 Jan 2022 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48202

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum