PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @KOMIK.ALASANTRI)

Khairul Amanillah, NIM.: 17102010029 (2021) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @KOMIK.ALASANTRI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @KOMIK.ALASANTRI))
17102010029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @KOMIK.ALASANTRI))
17102010029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Era digital membawa perubahan dalam segi komunikasi, termasuk di dalamnya proses dakwah yang semakin modern. Pemanfaatan strategi tertentu yang diterapkan pada media sosial sebagai saluran dakwah menjadi pilihan untuk bisa semakin menjangkau sasaran dan memenuhi tujuan dakwah. Pun tetap memperhatikan isi konten yang berkiblat pada ketentuan pesan-pesan dakwah. Penelitian ini berlandaskan pada konsep perencanaan strategi menurut pendapat Ahmad dan teori analisis SWOT yang meliputi strengths (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (kesempatan), dan threats (ancaman). Adapun kerangka penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi secara daring pada akun Instagram terkait. Lokasi penelitian berdasar pada tempat pelaksanaan wawancara di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DIY di kediaman founder sekaligus pengelola @komik.alasantri serta pengumpulan data sekunder secara daring. Analisis penelitian berdasarkan indikator menunjukkan bahwa perencanaan strategi komunikasi membutuhkan ilustrator dan pengelola admin, santri sebagai sasaran, Instagram sebagai media utama, dan komik sebagai desain pesan. Kekuatan yang dimiliki meliputi pengelola merupakan santri, Instagram yang sangat cocok dengan komik, keaslian visual komik. Kelemahan yang dimiliki sumber daya terbatas dan kesulitan membaca algoritma Instagram, kesempatan yang dihadapi relasi kuat dengan AISNU serta ancaman yang dihadapi yaitu adanya pencurian konten dan stigma negatif dari masyarakat terhadap pesantren. Kombinasi strategi SO membranding akun bagian dari AISNU, strategi WO menambah sumber daya, strategi ST memberikan konten citra yang baik bagi pesantren, dan strategi WT memberikan tanda air di konten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Dakwah, SWOT, Instagram
Subjects: Dakwah
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2022 13:49
Last Modified: 10 Jan 2022 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum