At-tahmisy fi al-Syakhsh al-Nisa’iy fi’l-Riwayah “Syikaju” li Ala’ al-Aswani (Dirasah Naqdiyyah Adabiyyah Nisaiyyah Muta’addidah as Tsaqafat

Linarsih, NIM.:15110074 (2020) At-tahmisy fi al-Syakhsh al-Nisa’iy fi’l-Riwayah “Syikaju” li Ala’ al-Aswani (Dirasah Naqdiyyah Adabiyyah Nisaiyyah Muta’addidah as Tsaqafat. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (.AT-TAHMISY FI AL-SYAKHSH AL-NISA’IY FI’L-RIWAYAH “SYIKAJU” LI ALA’ AL-ASWANI (DIRASAH NAQDIYYAH ADABIYYAH NISAIYYAH MUTA’ADDIDAH AS TSAQAFAT)
15110074_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AT-TAHMISY FI AL-SYAKHSH AL-NISA’IY FI’L-RIWAYAH “SYIKAJU” LI ALA’ AL-ASWANI (DIRASAH NAQDIYYAH ADABIYYAH NISAIYYAH MUTA’ADDIDAH AS TSAQAFAT)
15110074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi berjudul At-tahmisy fi al-Syakhsh al-Nisa’iy fi’l-Riwayah “Syikaju” li Ala’ al-Aswani (Dirasah Naqdiyyah Adabiyyah Nisaiyyah Muta’addidah as Tsaqafat) menyajikan analisis diskriminasi terhadap perempuan yang ada pada novel Syikaju karya Alaa al Aswani. Novel ini berisi tentang cerita kehidupan mahasiswa asal Mesir yang tinggal di Chicago, setiap tokoh memiliki kisah masing-masing dan permasalahan yang berbeda. Peneliti akan membahas dua rumusan masalah utama, yaitu apa saja bentuk diskriminasi pada tokoh Syaima yang ada pada novel dan unsur pemicu terjadinya diskriminasi pada tokoh Syaima dalam novel Syikaju karya Ala’ al-Aswani. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori feminisme multikultural yang mendukung nilai-nilai keberagaman sehingga kelompok budaya minoritas dapat diterima dalam sistem publik. Adapun bentuk ketidakadilan dalam novel dapat dikategorikan sebagai berikut, yaitu: dalam aspek fisik, aspek psikis, aspek sosial. Bentuk-bentuk ketidakadilan ini saling berkaitan satu dengan lainnya, satu bentuk ketidakadilan dapat mendorong terjadinya bentuk ketidakadilan lain. Teori ini mendeskripsikan, mengkategorikan dan menganalisis kejadian kejadian ketidakadilan pada kelompok minoritas yang ada pada novel Syikaju khususnya yang menimpa kaum perempuan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis, yakni dengan mendeskripsikan kejadian kejadian diskriminasi yang disusul dengan analisis. Sumber data pada penelitian ini adalah novel Syikaju karya Alaa al Aswani sebagai sumber data primer. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa diskriminasi terjadi karena adanya kontruksi sosial yang menimbulkan terjadinya ketidaksetaraan antara perempuan dengan laki-laki. Adapun pemicu terjadinya diskriminasi, yaitu: perempuan yang mengenakan identitas keagamaan, perempuan intelektual, perempuan mandiri, perempuan yang lebih mementingkan karir, dan perempuan sebagai penggerak perubahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: diskriminasi; perempuan; feminisme
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 25 Jan 2022 10:39
Last Modified: 25 Jan 2022 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum