ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB KELAS 1 MI KARYA MAKHI ULIL KIROM BERDASARKAN KMA NOMOR 183 TAHUN 2019 (DITINJAU DARI KELAYAKAN ISI, KELAYAKAN PENYAJIAN, KELAYAKAN KEBAHASAAN, DAN KELAYAKAN KEGRAFIKAN MENURUT STANDAR BSNP)

Rizki Mardiansyah, NIM.: 14420077 (2021) ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB KELAS 1 MI KARYA MAKHI ULIL KIROM BERDASARKAN KMA NOMOR 183 TAHUN 2019 (DITINJAU DARI KELAYAKAN ISI, KELAYAKAN PENYAJIAN, KELAYAKAN KEBAHASAAN, DAN KELAYAKAN KEGRAFIKAN MENURUT STANDAR BSNP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB KELAS 1 MI KARYA MAKHI ULIL KIROM BERDASARKAN KMA NOMOR 183 TAHUN 2019 (DITINJAU DARI KELAYAKAN ISI, KELAYAKAN PENYAJIAN, KELAYAKAN KEBAHASAAN, DAN KELAYAKAN KEGRAFIKAN MENURUT STANDAR BSNP))
14420077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB KELAS 1 MI KARYA MAKHI ULIL KIROM BERDASARKAN KMA NOMOR 183 TAHUN 2019 (DITINJAU DARI KELAYAKAN ISI, KELAYAKAN PENYAJIAN, KELAYAKAN KEBAHASAAN, DAN KELAYAKAN KEGRAFIKAN MENURUT STANDAR BSNP))
14420077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku teks Bahasa Arab Kelas 1 MI Karya Makhi Ulil Kirom – KMA no.183 tahun 2019 sudah memenuhi kriteria standar penilaian kelayakan buku teks sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas 1 MI ditinjau dari segi kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian buku teks Bahasa Arab Kelas 1 MI Karya Makhi Ulil Kirom – KMA no.183 tahun 2019. Sementara itu dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks ini sudah memenuhi kriteria standar penilaian kelayakan buku teks yang baik dari segi isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan sesuai dengan standar penilaian kelayakan buku teks yang dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Materi dalam buku ini disajikan dengan bahasa yang komunikatif dan jelas disertai dengan ilustrasi gambar yang menarik. Namun, materi yang disajikan belum sesuai dengan perkembangan teknologi dan rujukan yang lewat dari lima tahun terakhir, tidak terdapat penjelasan makna/arti/terjemah pada beberapa kosak kata Bahasa Arab sehingga agak menyulitkan siswa jika menggunakannya secara mandiri di rumah Bersama orangtua/wali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Buku Teks, Standar Penilaian Kelayakan, Konten Kegrafikan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:32
Last Modified: 13 Jan 2022 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum