ANALISIS BUKU TEKS PANDUAN BELAJAR KALIGRAFI UNTUK MAHASISWA DAN PENGAJAR BAHASA ARAB KARYA NURUL HUDA, ZAINAL ARIFIN, DAN M. JAFAR SHODIQ (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN, DAN KEGRAFIKAN)

Jayanah Aidiyah, NIM.: 14420088 (2021) ANALISIS BUKU TEKS PANDUAN BELAJAR KALIGRAFI UNTUK MAHASISWA DAN PENGAJAR BAHASA ARAB KARYA NURUL HUDA, ZAINAL ARIFIN, DAN M. JAFAR SHODIQ (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN, DAN KEGRAFIKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU TEKS PANDUAN BELAJAR KALIGRAFI UNTUK MAHASISWA DAN PENGAJAR BAHASA ARAB KARYA NURUL HUDA, ZAINAL ARIFIN, DAN M. JAFAR SHODIQ (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN, DAN KEGRAFIKAN))
14420088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU TEKS PANDUAN BELAJAR KALIGRAFI UNTUK MAHASISWA DAN PENGAJAR BAHASA ARAB KARYA NURUL HUDA, ZAINAL ARIFIN, DAN M. JAFAR SHODIQ (TINJAUAN DARI SEGI KELAYAKAN ISI, PENYAJIAN, KEBAHASAAN, DAN KEGRAFIKAN))
14420088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku teks Panduan Belajar Kaligrafi untuk Mahasiswa dan Pengajar Bahasa Arab Karya Nurul Huda, Zainal Arifin, dan, M. Jafar Shodiq sudah memenuhi kriteria standard penilaian kelayakan buku teks sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Arab untuk mahasiswa di jurusan pendidikan bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga ditinjau dari segi kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan selain itu akan di bahas tentang relevansi buku teks tersebut terhadap pembelajaran bahasa Arab di UIN Sunan Kalijga Yogyakarta di jurusan pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini termasuk penelitian studi pustaka dengan pendekatan deskriptif. Adapun objek penelitian ini adalah buku teks “Panduan Belajar Kaligrafi karya Nurul Huda, Zainal Arifin, dan M. Jafar Shodiq” dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan menemukan, mengolah, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelayakan isi dari buku ini cukup mewadahi, karena kelengkapan isi materinya sesuai kebutuhan mahasiswa dan pengajar jurusan bahasa Arab. Dari segi kebahasaan buku ini disajikan dengan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami. Dari segi penyajian kegrafikan dapat dikatakan buku ini cukup baik, dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa buku teks panduan ini membuat mahasiswa dan pengajar tertarik untuk mempelajari materi kaligrafi, akan tetapi ada beberapa hal yang harus lebih diperhatikan yakni dari segi sampul buku, kontras warna, dan font penelitiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S. S., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Buku teks, dan Pembelajaran Kaligrafi
Subjects: Kaligrafi
Pendidikan Bahasa Arab
Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jan 2022 14:50
Last Modified: 13 Jan 2022 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48471

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum